Cegah Sampah Menumpuk Lagi, Operator Angkutan Sampah Bakal Dievaluasi

Tumpukan-sampah-di-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru telah dilakukan dua operator baru sejak awal tahun 2023. Kedua operator yakni PT Ella Pratama Perkasa (EPP) dan PT Samhana Indah (SHI).

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendorong keduanya bisa mengelola sampah dengan baik. Pemerintah kota tidak segan mengevaluasi kinerja keduanya dalam mengelola angkutan sampah.

"Harapan kita pengelolaan bisa lebih baik, namun demikian terus kita evaluasi supaya pengelolaan ini benar-benar sesuai harapan," ujar Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Minggu, 29 Januari 2023.

Indra menyampaikan, pemerintah kota juga sudah sosialisasi ke masyarakat perihal titik Tempat Penampungan Sementara (TPS). Jumlah TPS yang ada saat ini mencapai 63 TPS menyebar di dua zona pengangkutan sampah.

Masyarakat juga diajak untuk membuang sampah di tempatnya. Tim yustisi persampahan juga sudah mulai memberi teguran kepada oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan.


"Jadi harapan kita tentu pengelolaan sampah bisa lebih baik," jelasnya.

Indra menyebut sampai saat ini dirinya terus mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru agar memantau keberadaan tumpukan sampah. Ia tidak ingin tumpukan sampah kembali bermunculan.

Dirinya mengingatkan agar masyarakat bisa membuang sampah sesuai jadwal yang ada. Jadwal pembuangan sampah dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Operator menambahkan ritase pengangkutan sampah untuk mengantisipasi tumpukan sampah. Apalagi belum seluruh masyarakat mengikuti jadwal buang sampah yang ada.

"Kan belum semua masyarakat tertib, jadi yang buang sampah terlambat nantinya operator bakal menambahkan ritasi pengangkutan sampah," pungkasnya.