Ruas Jalan Rusak di Pekanbaru Capai 190 Titik, Bakal Terus Bertambah

Jalan-rusak-di-cipta-karya1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jumlah ruas jalan rusak di Kota Pekanbaru kini totalnya mencapai 190 titik. Namun tak menutup kemungkinan jumlahnya terus bertambah seiring memasuki musim hujan.

Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, Dinas PUPR telah melakukan survei. Satu ruas ada beberapa titik jalan rusak, maka selang satu pekan jumlah titik ruas jalan rusak pun bertambah.

"Ketika kita survei mungkin lima titik, minggu depan jumlah titik jalan rusak bisa bertambah," ungkapnya, Jumat 27 Januari 2023.

Indra Pomi yang juga merangkap jabatan Kepala Dinas PUPR ini menyebut, tim sudah melakukan pendataan terhadap ruas jalan rusak. Mereka pun melakukan upaya pemeliharaan ruas jalan secara rutin.

"Pemko berupaya melakukan perbaikan di 10 titik ruas jalan rusak sejak awal tahun. Titik ruas jalan rusak bisa saja bertambah, saat kita perbaiki. Muncul ruas jalan rusak yang baru," jelasnya.


Indra menilai upaya perbaikan untuk tahap awal terhadap titik ruas jalan rusak dengan tambal sulam. Cara ini untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak ringan.

Pihaknya juga melakukan pemeliharaan berkala terhadap beberapa ruas jalan. Mereka lantas melakukan overlay atau pelapisan terhadap ruas jalan rusak.

Dirinya tak menampik bahwa untuk pemeliharaan jalan secara berkala ini butuh biaya banyak. Ia mengatakan, secara umum sebagian besar ruas jalan rusak harus diperbaiki secara overlay.

"Terutama yang jadi lokasi galian IPAL, walau diperbaiki kontraktor. Sebaiknya perbaikan dengan cara overlay," tuturnya.

Indra mengaku anggaran perbaikan ruas jalan rusak tidak hanya dari APBD Kota Pekanbaru. Ada juga dari anggaran Pemerintah Provinsi Riau lewat Bantuan Keuangan (Bankeu).