Peringatan Dini! Hujan Masih Bakal Guyur Riau Hari Ini

Cuaca-Ekstrem.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Provinsi Riau hari ini, Kamis, 26 Januari 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, memprakirakan hujan akan mengguyur Riau pada sore dan akan berlanjut hingga dini hari.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, menyebut hujan bersifat merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja.

"Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru," sebutnya.

Sedangkan pada dini hari, kata Yasir, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), Siak, Bengkalis, Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil).


BMKG bahkan mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi tersebut dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar pada sore, malam dan dini hari," kata dia.

Sementara suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60-99 persen.

"Arah angin berhembus ke Barat Laut–Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km per jam," ucapnya.

Sedangkan prakiraan tinggi gelombang di perairan Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter.