Gimana Fokus Urus Jalan Rusak, Indra Pomi Punya 3 Jabatan, Ngak Ada yang Kompeten?

Muflihun59.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jalan rusak di Kota Pekanbaru masih menjadi pekerjaan (PR) rumah pemerintah kota terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

 

Di tengah banyaknya PR, Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution saat ini rangkap jabatan sebagai Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru. Ia dilantik oleh Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun pada Kamis, 24 November 2022.

 

Namun diketahui, ia ternyata sempat merangkap tiga jabatan sekaligus di lingkungan pemerintah kota. Indra sempat ditunjuk sebagai Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Perkim) Kota Pekanbaru.

 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Baharuddin, memastikan saat ini Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru masih dijabat Indra Pomi sebagai penjabat definitif.

 

"Masih. Ini kan belum kosong, masih berisi. Indra Pomi kan Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, tapi status masih Kadis PUPR," paparnya, Rabu 25 Januari 2023.

 

Namun Baharuddin enggan menaggapi saat ditanya apakah dengan rangkap jabatan ini akan mengganggu kinerja, mengingat pekerjaan rumah Kadis PUPR cukup banyak.

 

"Itu tak bisa saya tanggapi," singkatnya.

 

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru merencanakan ada perbaikan 30 ruas jalan rusak pada bulan Januari 2023. Total ada 200 ruas jalan rusak sudah terdata oleh tim.

 

Tahap tahap awal perbaikan dengan cara tambal sulam. Mereka sudah memasang target perbaikan pada awal tahun 2023. Kondisi jalan rusak itu ada yang rusak ringan, sedang hingga berat.

 


Ruas jalan rusak terlihat di Jalan Parit Indah, Jalan Darma Bakti, Jalan Dahlia, Jalan Suka Karya dan Jalan Cipta Karya. Kondisi serupa juga terlihat di Jalan Delima dan sekitar kawasan Sukajadi. 

 

Ruas jalan di Suka Karya hingga kini kondisinya masih rusak parah. Banyak lubang menganga sehingga membahayakan pengendara yang melintas.

 

Tak hanya itu, ruas Jalan Dahlia, Kota Pekanbaru hingga kini kondisinya masih rusak. Kerusakan ini pasca proyek galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) beberapa waktu lalu.

 

Masyarakat pun mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah karena aspalnya hancur. Air kerap menggenangi satu ruas jalan yang menghubungkan Jalan Melur dengan Jalan Soekarno-Hatta.

 

Ruas Jalan Cipta Karya saat ini kondisinya masih memprihatinkan. Jalan rusak itu tidak cuma berlubang tapi kerap tergenang air usai hujan mengguyur.

 

Indra Pomi tidak menampik sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru masih dalam kondisi rusak. Dirinya mengatakan, upaya perbaikan untuk tahap awal di ruas jalan itu dengan tambal sulam. 

 

 

 

 

Ada anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau untuk mendukung perbaikan jalan rusak. Indra membeberkan bahwa anggaran untuk memperbaiki kondisi ruas jalan berkisar Rp 20 Miliar.

 

Anggaran itu berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.

Penandatangan nota kesepahaman tentang KUA PPAS APBD Perubahan Kota Pekanbaru Tahun 2022 sudah dilakukan, Selasa 27 September 2022.