Perdana, Annas Maamun Ceritakan Perjalanan Bangun Riau Bersama Yan Prana

Annas-Maamun-dan-Yan-Prana.jpg
(SISKA WULANDARI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mantan Gubernur Riau, Annas Maamun, untuk kali pertama melakukan bincang-bincang mengenai pengalamannya membangun Riau bersama Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya.

Yan Prana mengatakan, saat sosok mantan Gubernur Riau yang akrab disapa Atuk Annas menjadi Bupati Rokan Hilir (Rohil) sejak 2006, pembangunan di Bagansiapiapi tampak maju dan berdampak hingga saat ini.

"Sampai sekarang itu Bagansiapiapi ramai perekonomian hingga malam. Itu jadi kota yang maju sampai saat ini. Itu upaya beliau selama 10 tahun jadi Bupati Rohil," katanya kepada RIAU ONLINE, Selasa, 24 Januari 2023.

Atuk Annas pun bercerita awalnya ia berkarir menjadi guru, tepatnya dimulai pada 1 Oktober 1960 di SMP Negeri 2 Pekanbaru. Kemudian pindah ke SMP Negeri Bagan, dan menjadi guru selama 18 tahun. 

"Kemudian saya pindah bekerja ke Pembangunan Masyarakat Desa (PMD), langsung menjadi kepala saksi. Saya kalau bekerja sungguh-sungguh," katanya. 


Ia menyampaikan, selama menjadi pejabat, kalau sudah diberikan amanah maka dijalankan dengan benar. Sebab, sambung Atuk Annas, tidak mudah dalam mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak. 

"Saya dikenal orang, makanya saat saya maju legislatif saya dikenal orang. Saya sering bertemu orang-orang, melobi orang, supaya anggaran dikucurkan ke Rohil. Untuk masyarakat Rohil," terangnya.

Atuk Annas menjelaskan, dirinya ingin memajukan Riau dari segi pembangunan. Hal itu mengingat masih banyak masyarakat yang mengeluhkan pembangunan di Riau.

"Makanya saya maju jadi Gubernur Riau dan mulai membangun. Meneruskan kerja saya semasa Bupati Rohil. Tapi Gubernur skalanya lebih besar. Lebih banyak yang saya bangun," kata Atuk Annas.