Ketua KPU Siak Lantik 393 Anggota PPS se-Kabupaten Siak

Pelantikan-PPS-Siak.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Jelang persiapan Pemilu 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kampung dan Kelurahan se-Kabupaten Siak, di Lapangan Siak Bermadah Siak, Kota Siak, Selasa, 24 Januari 2023.

Petugas Pemungutan Suara (PPS) dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten Siak, Ahmad Rizal, dan dihadiri Bupati Siak, Alfedri, unsur Forkopimda, Pimpinan OPD, dan Camat se-Kabupaten Siak, serta anggota PPS se-Kabupaten Siak.

Bupati Siak, Alfedri, mengapresiasi KPU Siak yang telah melaksanakan pelantikan PPS serentak se-Indonesia. Ia pun mengucapkan tahniah kepada PPS yang telah dilantik, sebanyak 393 orang dari 131 kampung dan kelurahan se-Kabupaten Siak di 14 Kecamatan.

"Kami menyambut baik KPU Kabupaten Siak yang telah melaksanakan pengukuhan secara serentak. Ini yang pertama di Indonesia, di seluruh 514 kabupaten/kota serentak mengukuhkan PPS yang biasanya dikukuhkan di setiap kecamatan secara bergiliran. Supaya menunjang kesiapan bahwa penyelenggara Pemilu terutama KPU, sudah siap untuk melaksanakan prosesi pemilu di tahun 2024," sebutnya.

Lebih lanjut, Bupati Alfedri, berharap penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Sehingga dapat menghasilkan Pemilu dan pemimpin yang berkualitas.


"Semoga penyelenggaraan pemilu 2024 berjalan dengan baik, sukses dan lancar. Proses pemilunya yang berkualitas mudah-mudahan menghasilkan pemimpin yang  berkualitas, dan diharapkan bisa membawa negara, daerah lebih maju serta masyarakat tambah sejahtera dimasa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Siak, Ahmad Rizal, menyampaikan setelah PPS dilantik, pada 26 mendatang akan diumumkan perekrutan seleksi Panitia Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih). Setiap PPS berjumlah 1 orang, diperkirakan di Kabupaten Siak ada 600 lebih PPS maka ada sekitar 1.600 lebih Pantarlih yang akan direkrut oleh PPS.

Ahmad Rizal menjelaskan, tugas yang akan dilakukan PPS yang telah dilantik nantinya akan bekerja sama dengan lurah/penghulu untuk membentuk Sekretariat PPS yang berjumlah 3 orang.  Terdiri dari 1 sekretaris dan 2 staf, yang berasal dari orang yang bekerja di kantor penghulu/lurah. 

"Saya berpesan kepada saudara-saudara semuanya, penuhi dan jalankan fakta integritas yang sudah saudara ikrarkan. Jangan melenceng, aktif terus akurat pemilu, terus berkoordinasi dengan PPK dan stakeholder di setiap kampung dan kelurahan, supaya pemilu berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Sukses pemilu sukses penyelenggara pemilu," tutupnya.