Punya Kedekatan Emosional Kuat, Pemko Pekanbaru Tawarkan Semen Padang MoU

Pemko-MoU-Semen-Padang.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berencana mewujudkan kerja sama atau MoU dengan Semen Padang. Kerja sama diharapkan dalam berbagai hal dan saling menguntungkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution saat kunjungan silaturahmi Semen Padang ke Pemerintah Kota Pekanbaru, Kamis, 19 Januari 2023. 

"Misalnya, memberikan fasilitas bagi Semen Padang untuk diprioritaskan di proyek-proyek yang ada," kata Indra.

Pada kesempatan itu, Indra Pomi menyebut bahwa Semen Padang sudah memiliki hubungan emosional dengan masyarakat Pekanbaru, jauh sebelum Indonesia merdeka. Karena, hampir 30 persen perantau di Pekanbaru berasal dari Sumatera Barat.

Dengan populasi yang begitu banyak ini, keberadaan Semen Padang sebagai perusahaan semen kebangaan masyarakat Sumbar, tentunya turut menjadi perhatian bagi Pemko Pekanbaru.

"Makanya, dari pada semen merk lain, kami pasti milih Semen Padang. Banyak kontraktor kita pakai Semen Padang," ujar Indra Pomi yang juga Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru ini.


Dirinya menyebut, moto Semen Padang "Kami Telah Berbuat Sebelum yang Lain Memikirkan" menjadi salah satu catatan positif bagi Dinas PUPR Kota Pekanbaru. Karena, motto tersebut menimbulkan semangat yang tinggi dalam melayani masyarakat. 

"Sepanjang punya daya saing tinggi dan pelayanan yang baik, mungkin kami bisa memberikan kebijakan atau saran kepada kontraktor, sehingga pada akhirnya, kita mendapatkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan yang lain," lanjutnya. 

Hal yang sama juga disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian Pemko Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut. Kata dia, hubungan emosional Semen Padang dengan Pekanbaru tentunya jadi peluang bagi Pemko Pekanbaru dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. 

"Kedekatan emosional itu sudah terbentuk sejak dulu. Saya kira, Riau ataupun Pekanbaru khususnya, menjadi pasar potensial untuk Semen Padang. Untuk itu, dalam waktu dekat kami akan bentuk forum CSR. Dan tentunya, kami berharap perhatian dari Semen Padang. Misalnya, memberikan pelatihan," katanya. 

Sementara itu, Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar Datuak Tumangguang Basa, mengucapkan terima kasih telah diingatkan  soal hubungan emosional antara Sumbar dengan Riau, khususnya Pekanbaru. Bahkan secara bisnis, Riau merupakan potensi pasar strategis yang terus digarap Semen Padang. 

"Kami berkunjung ke Pekanbaru, untuk meminta partisipasi aktif dalam membangun Pekanbaru. Baik melalui kerjasama dengan BUMD dan lain sebagainya. Dan tentunya, peluang-peluang kerjasama yang ditawarkan Pemko Pekanbaru, akan kami tindaklanjuti sesegera mungkin," ucapnya.