Kerusakan Jalan Cipta Karya Kian Parah, Pemko Pekanbaru: Kita Perbaiki

Jalan-rusak-di-cipta-karya1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ruas Jalan Cipta Karya, Pekanbaru, saat ini kondisinya masih memprihatinkan. Jalan rusak itu tidak cuma berlubang tapi kerap tergenang air usai hujan mengguyur.

Kerusakan terjadi hingga hampir di seluruh bagian badan jalan. Padahal ruas jalan itu merupakan satu akses jalan menuju Jalan HR Soebrantas.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mengaku bakal menindaklanjuti upaya perbaikan ruas jalan rusak tersebut. Ia mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera melakukan perbaikan ruas jalan rusak tersebut.

"Kita akan memperbaikinya, ada rencana bakal lapisi dengan rigid beton di ruas jalan yang sering tergenang banjir," tegasnya, Senin, 23 Januari 2023.

Indra menyebut tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru akan membenahi parit di ruas jalan itu. Ia mengajak masyarakat agar membongkar bagian drainase yang ditutup secara permanen.

"Kalau tertutup di depan ruko, kita imbau agar dibuka. Kita ajak peran serta masyarakat supaya parit bisa berfungsi dengan baik," jelasnya.


Indra tidak menampik sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru masih dalam kondisi rusak. Satu di antaranya yakni Jalan Parit Indah yang menjadi perlintasan masyarakat.

Dirinya mengatakan, upaya perbaikan untuk tahap awal di ruas jalan itu dengan tambal sulam. Perbaikan ruas jalan itu berlanjut dengan anggaran dari Pemerintah Provinsi Riau.

Ada anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau untuk mendukung perbaikan jalan rusak. Anggaran ini digelontorkan agar bisa melakukan perbaikan dengan cara overlay di lima ruas jalan termasuk di Jalan Parit Indah.

"Mudah-mudahan di triwulan pertama bisa terealisasi perbaikan di Jalan Parit Indah itu, bisa di overlay," jelasnya.

Pemerintah kota juga melakukan normalisasi terhadap parit yang ada di sekitar Jalan Parit Indah. Perbaikan drainase dilakukan di depan Bali Pavilion yang ruas jalan sekitarnya kerap tergenang banjir.

"Kita juga pasang box melintang di ruas jalan itu, agar ruas jalan sekitar perumahan tersebut tidak tergenang banjir," pungkasnya.