5 Tol Trans Sumatera Bakal Rampung Tahun Ini, Termasuk Tol Pekanbaru-Padang

Pembangunan-Tol-Trans-Sumatera.jpg
(Dok Hutama Karya via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Lima ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ditargetkan PT Hutama Karya (Persero) rampung di tahun 2023 ini. Kelima ruas jalan tol itu tersebar dari Provinsi Aceh hingga Riau, untuk mendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi di Sumatera.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, menyebut kelima ruas itu di antaranya Tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih), Indrapura-Kisaran (Seksi 1 dan 2), Tol Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Pangkalan Brandan), Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 1,5,6), dan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Bangkinang - Pangkalan).

"Keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan, yakni rata-rata di atas 50 persen," ujar Koentjoro, dikutip dari Liputan6.com, Senin, 23 Januari 2023.

Sementara saat ini, pembangunan tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya-Prabumulih) sepanjang 65 km sudah mencapai 89 persen. Pengerjaan struktur, pengerjaan rest area pun terus berjalan, pengerjaan pintu tol dan 1 simpang susun pun telah selesai digarap.

"Jalan tol ini diharapkan dapat mendukung percepatan mobilitas masyarakat di wilayah Sumatera Selatan bagian Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim," imbuh Koentjoro.

Pembangunan jalan tol Indrapura-Kisaran (Seksi 1 dan 2) untuk mendukung konektivitas sentra-sentra produksi hingga akses ke berbagai wisata di Sumatera Utara dan sekitarnya juga sudah mencapi 78 persen. Jalan tol sepanjang 47 km itu akan dilengkapi dengan 2 simpang susun dan 2 gerbang tol.

Sedangkan Jalan Tol Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Pangkalan Brandan) di Sumatera Utara saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 58 persen. Jalan tol sepanjang 58 km itu nantinya akan dilengkapi 3 gerbang tol, 3 simpang susun, 26 jembatan, dan rencananya akan memiliki rest area.


Selanjutnya, pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 1,5,6) sudah mencapi 81 persen. Jalan tol sepanjang 38 km itu akan dilengkapi 2 simpang susun dan 2 gerbang tol. Jika tersambung, seluruh pengerjaan dari Jalan Tol Sigli-Banda Aceh rampung secara keseluruhan dengan total panjang 74,2 km.

Terakhir, Jalan Tol Pekanbaru-Padang (Seksi Bangkinang-Pangkalan) saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 73 persen. Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan sepanjang 24,7 km itu akan dilengkapi 1 simpang susun dan 1 ramp on/off.

Rencana kecepatan 5 jalan tol ini berkisar 80-100 km per jam dengan jumlah lajur 2x2. Koentjoro meyakini, penambahan panjang ruas JTTS di tahun ini dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam pengembanga kawasan di wilayah Sumatera.

"Kehadiran JTTS merupakan vehicle bagi pertumbuhan perekonomian makro dan mikro di Sumatera. Adapun strategi Hutama Karya dalam percepatan penyelesaian ruas ini dengan penggunaan teknologi dan digitalisasi konstruksi guna tepat mutu dan waktu," jelasnya.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir, saat ikut dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Jalan Tol Pekanbaru-Dumai beberapa waktu lalu mengatakan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera dilakukan secara bertahap dengan tetap mementingkan sustainability satwa liar dan lingkungan.

"Penting sekali kita dalam pembangunan infrastruktur itu tetap bagaimana alam kita jaga, karena ini karunia Allah Subhanawataala," kata Erick Thohir.

Saat ini Hutama Karya tengah membangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 1.064 km, dengan 465 km ruas tol konstruksi dan 599 km ruas tol operasi.