Komunitas Motor Trail Tersesat di Hutan Sumbar Tewaskan 1 Anggota

Pencarian-komunitas-motor-trail.jpg
(Dok: Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE, SUMBAR - Rombongan komunitas Ikatan Trabas Adventure dinyatakan hilang di dalam hutan di Nagari Banjaloweh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar). Kini, 14 anggota komunitas yang tersesat itu telah ditemukan pada Senin, 23 Januari 2023 sekitar pukul 02.05 WIB.

Koordinator Pos SAR Lima Puluh Kota, Robi Saputra, menyebut 1 orang dari 14 orang anggota rombongan dinyatakan meninggal dunia. Korban meninggal dunia diduga karena penyakit yang dideritanya.

"13 ditemukan selamat dan 1 orang ditemukan meninggal dunia karena asam lambung," kata Robi, dikutip dari kumparan, Senin, 23 Januari 2023.

Robi mengatakan sebelumnya komunitas ini melakukan kegiatan Trabas membuka jalur baru di lokasi hutan Banjaloweh, Kabupaten Lima Puluh Kota, sejak Minggu, 22 Januari 2023 pagi. Mereka rencananya akan keluar dari hutan pada sore harinya.

"Di saat melakukan aksi Trabas di lokasi, penggiat mendapat hujan yang lebat sehingga para penggiat mencari tempat berteduh hingga hari mulai gelap. Dan pada malam harinya penggiat belum menemukan jalan keluar," ungkapnya.


Tim gabungan langsung melakukan operasi SAR pada pukul 01.30 WIB. Pencarian melibatkan unsur Basarnas, pemadam kebakaran, polri, masyarakat dan relawan kebencanaan.

Robi mengatakan pada pukul 02.05 WIB tim gabungan akhirnya menemukan rombongan komunitas Trabas ini di dalam hutan.

"Korban yang meninggal dunia dievakuasi ke RSUD Suliki," pungkasnya.