9 SMA/SMK Tak Lulus Akreditasi, Dewan Minta Disdik Riau Evaluasi

Ilustrasi-Sekolah.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat, mendesak Dinas Pendidikan (Disdik) Riau agar melakukan evaluasi terhadap sejumlah SMA Negeri di Riau yang tidak lulus akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN SM).

Menurut Ade, Disdik Riau harus bertanggung jawab karena lalai melakukan pendampingan ke sekolah-sekolah. Ditambahkannya, gagalnya automasi akreditasi sekolah ini tidak bisa dilimpahkan sepenuhnya kepada sekolah.

"Pendampingan itu tidak dilakukan oleh Dinas Pendidikan, pembinaan oleh BAN SM juga tidak dilakukan, mereka hanya bertitik tumpu pada penilaian online akreditasi," katanya, Senin, 16 Januari 2023.

Lebih rinci, Ade menegaskan adanya rencana evaluasi kepala sekolah yang tak lulus akreditasi seperti disebutkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Riau, M Job Kurniawan tidak tepat. Ia menyebut, Disdik juga perlu dievaluasi.

"Evaluasi menyeluruh lah, tidak hanya kepala sekolah, Dinas Pendidikannya dulu dievaluasi terutama Kabid-nya yang bertanggung jawab," tegas Ade.

Politikus PAN itu juga menyayangkan BAN SM yang tidak melakukan visitasi ke SMAN Plus dan hanya mengandalkan sistem online saja. Menurut Ade, tidak logis jika SMAN Plus yang sebelumnya terkategori A langsung dinyatakan tak terakreditasi.

"Ini tidak murni kesalahan sekolah, tetapi ada kecerobohan BAN SM Riau Apa mungkin SMAN Plus tidak terakreditasi sementara sekolah swasta di daerah saja lolos," paparnya.

Legislator Dapil Pekanbaru itu mengatakan, BAN SM tidak bekerja maksimal, jika SMAN Plus tidak melengkapi sistem online dan terindikasi ada perubahan nilai akreditasi seharusnya dilakukan visitasi.

"Kalau sistem online, jika nilainya tidak ada perubahan maka akreditasinya sama dengan tahun lalu, kalau ada perubahan tentu harus ada visitasi," tutup Ade.

Selain SMAN Plus, 8 sekolah SMA/SMK negeri juga tak lulus akreditasi secara automasi:

1. SMA Plus Riau
2. SMAN 3 Tapung Kampar
3. SMAN 1 Batu Hampar Rokan Hilir
4. SMKN 1 Reteh Indragiri Hilir
5. SMKN 1 Tembilahan Hulu
6. SMKN 1 Merbau Kepulauan Meranti
7. SMKN 1 Kuala Kampar Pelalawan
8. SMKN 1 Pangkalan Kerinci Pelalawan
9. SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru