Turunkan 7 Pendekar Cilik, SD Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru Raih Emas di Riau Championship

Pendekar-cilik-tapak-suci.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pencak silat sebagai olahraga beladiri tradisional adalah budaya asli di Indonesia. Pencak silat tidak dapat dipisahkan dari bagian budaya dan perjuangan bangsa. Banyak pendekar silat turut bahu-membahu memperjuangkan kemerdekan Indonesia.

Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia bahkan sampai ke negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina Selatan dan Thailand.

Unsur-unsur untuk membela diri dengan seni bela diri, yaitu dengan menggunakan tendangan dan pukulan. Pencak Silat merupakan bela diri yang banyak diminati oleh banyak orang terutama masyarakat Indonesia.

Tapak Suci Putera Muhammadiyah adalah sebuah aliran, perguruan dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Tapak Suci termasuk dalam 10 perguruan historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi. Tapak Suci berasas Islam, bersumber pada al Quran dan Sunnah, berjiwa persaudaraan dan berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah. Tapak Suci memiliki motto “Dengan Iman dan akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah”.

SD Muhammadiyah 3 Unggulan menjadikan Pencak Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah sebagai ekstrakurikuler kebanggan dan favorit para siswanya. Sudah banyak pendekar cilik yang membawa harum dan kebanggaan sekolah dengan prestasi di berbagai kejuaraan yang diikuti.

Terbaru adalah Kejuaraan Pencak Silat Riau National Championship 1 Tahun 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 14-15 Januari 2023 di GOR Indoor Volly Universitas Islam Riau. Dengan menurunkan 7 siswa pada kejuaraan Riau National Championship tersebut, SD Muhammadiyah 3 Unggulan berhasil meraih 1 emas, 4 perak dan 2 perunggu dalam kelas seni dan laga yang diperlombakan.

“1 emas diraih oleh Nabilla Azzahra dalam kelas Seni Tunggal Putri, 4 perak diraih oleh Fadhlan Naufal Rafif dalam kelas Seni Tunggal Putra, Adam Setiawan dalam kelas laga 26 kg putra, Nabil Muzakki Amida kelas laga 46 kg putra, Hetria Hanifah kelas laga 40 kg putri, serta 2 perunggu diraih oleh Muhammad Syafiq Azzahidi kelas Seni Tunggal Putra dan Nabhan Sabilillah Dhiya ‘ul Haq kelas Seni Tangan Kosong Tunggal Putra,“ jelas Guru Olahraga dan Pelatih Tapak Suci SD Muhammadiyah 3 Unggulan, Ridho Dwi Perosa.

“Ini sangat membanggakan dan pencapaian yang luar biasa dari anak-anak. Memang selama ini, mereka giat dan rajin mengikuti ekstrakurikuler Tapak Suci yang diadakan setiap hari Minggu pagi di sekolah. Prestasi anak-anak di Kejuaraan Riau National Championship ini tentu saja adalah buah dari kerja keras dari latihan selama ini,” lanjutnya.

Sementara Kepala SD Muhammadiyah 3 Unggulan, Imrawati Azwar, berharap ekskul Tapak Suci ini tentu akan menjadi bekal dan ajang pembuktian prestasi buat siswa didik di SD Muhammadiyah 3 Unggulan.

"Semoga dengan adanya prestasi yang diberikan oleh 7 siswa ini, akan membuat contoh dan motivasi bagi siswa-siswa lainnya untuk juga bisa berbuat hal yang sama,“ pungkas Imrawati Azwar.