10 Ha Lahan di Naga Sakti Dipersiapkan Bangun RS Pusat Otak dan Jantung Riau

Ilustrasi-Rumah-Sakit2.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mempersiapkan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung kelas A di Bumi Lancang Kuning. Hal ini merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden Jokowi saat berkunjung ke Riau beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengatakan lahan yang berada Jalan Naga Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, dihibahkan untuk pembangunan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut.

"Di Jalan Naga Sakti, dekat Stadion Utama Riau," kata Zainal, Kamis, 12 Januari 2023.

Zainal mengatakan tim Kemenkes akan berkunjung ke lokasi untuk melakukan pengecekan lahan tersebut dan memastikan kelayakannya untuk mendirikan rumah sakit.

"Lokasinya strategis, aksea jalannya juga sudah dua jalur, aksesnya gampang," sebutnya.


Menurut Zainal, rumah sakit pusat otak dan jantung tersebut dibangun pemerintah pusat di bawah naungan Kemenkes yang ditempatkan di Provinsi Riau.

Pasalnya, kata Zainal, selama ini pasien stroke dan jantung di Riau banyak melakukan pengobatan di Jakarta hingga keluar negeri, terutama di Malaka, Malaysia.

Dengan dibangunnya rumah sakit pusat otak dan jantung di Bumi Lancang Kuning, diharapkan masyarakat Riau tidak lagi harus melakukan pengobatan di luar kota bahkan hingga ke negeri tetangga.

Masyarakat Riau bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit pusat otak dan jantung hanya dengan memanfaatkan BPJS Kesehatan.

"Bisa berobat gratis dengan BPJS," tutup Zainal.