Pasca PPKM Dicabut, Kebiasaan Tak Pakai Masker Sedang Dipelajari

masker2.jpg
((stocksnap.io))

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penerapan protokol kesehatan (prokes) masih dianjurkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 meski pemerintah pusat telah mencabut aturan PPKM.

Pj Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, menuturkan masyarakat diminta tetap memperhatikan prokes, seperti penggunaan masker.

Meski saat ini tidak ada lagi larangan penggunaan masker, akan tetapi masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker. Menurutnya, saat ini sedang dalam tahap pembelajaran.

"Kita saat ini sedang pelajari apakah tidak perlu pakai masker lagi, tetapi yang jelas kita mengimbau dan sarankan masyarakat lebih baik pakai masker," ujar Indra Pomi, Minggu 8 Januari 2023.

Indra menyampaikan bahwa pihaknya diminta untuk kembali menggalakkan vaksinasi Covid-19. Mereka berencana menjalankan kembali bus vaksinasi yang ada di Pekanbaru.

"Sesuai dengan instruksi Pj wali kota Muflihun, agar bus vaksin milik pemko bisa kembali dijalankan lagi, terus pelaksanaan vaksin booster dan lainnya. Saat ini ada lima unit bus vaksin yang standby dan akan kita jalankan lagi," paparnya.

Menurutnya, vaksinasi akan meningkatkan imunitas masyarakat dari penularan Covid-19. Dirinya mengimbau dinas terkait agar tetap siaga termasuk fasilitas kesehatan dalam menangani Covid-19.