Tol Permai Riau Jadi Satu-satunya yang Dilengkapi Terowongan Gajah di Indonesia

Terowongan-gajah-di-tol-permai.jpg
(Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Rabu, 4 Januari 2023. Jalan bebas hambatan yang terhampar sejauh 30,1 km ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Menariknya, jalan tol di Riau menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki terowongan lintasan gajah, tepatnya di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Sebab, pembangunan jalan tol tersebut melintasi area konservasi gajah.

Menteri Erick Thohir mengatakan terowongan tersebut sengaja dibangun untuk perlintasan gajah di area konservasi.

"Penting sekali kita dalam membangun infrastruktur, kita tetap menjaga alam. Karena ini karunia Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Erick dalam Instagram Pribadinya, seperti dikutip dari Suara.com, Jumat, 6 Januari 2023.

Erick Thohir menuturkan, Presiden Jokowi juga selalu mengingatkan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar ketika melakukan pembangunan infrastruktur.


"Ini prinsip yang dipegang BUMN. @pertamina juga memantau gajah-gajah di wilayah konservasi, sedangkan @hutamakarya menyediakan terowongan untuk perlintasan para gajah," tulis dia.

Sementara itu, Jokowi menyebut sebanyak enam terowongan dibangun untuk perlintasan gajah di sepanjang jalan tol Permai.

Selain itu, Kepala Negara juga berharap Tol Pekanbaru-Bangkinang yang menghabiskan anggaran sebesar Rp4,8 triliun dan baru saja diresmikan itu dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru.

"Dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat," ujar Jokowi.