Retribusi Layanan Parkir Untung, Target PAD Pekanbaru Naik Jadi Rp 16 Miliar

Yuliarso8.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru mengalami untung dari jasa layanan parkir tepi jalan. Capaian PAD Kota Pekanbaru dari layanan parkir pada tahun 2022 telah melebihi target.

 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mencatat keuntungan Rp 9,7 miliar dari target awal Rp 8,7 miliar. Ada keuntungan dari pengelolaan parkir dengan sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) hingga akhir tahun 2022.

 

Karena jasa layanan parkir menyumbang PAD, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun menaikan target PAD dari jasa layanan parkir tepi jalan umum menjadi Rp 16 miliar. 

 

"Melihat kondisi itu, target PAD Kota Pekanbaru dari parkir dinaikan menjadi Rp 16 miliar," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso, Jumat 6 Januari 2023.


 

Ia mengaku sudah menyampaikan kepada para pengelola parkir bahwa pada tahun ini Pemko menaikkan target capaian PAD melalui sektor parkir yang dikelola oleh Dinas Perhubungan.

 

"Itu sudah kita sampaikan kepada pengelola parkir bahwa akan terjadi kenaikan. Sehingga target itu dapat kami capai secara lebih maksimal lagi. Meskipun masing-masing pengelola sudah memiliki target sesuai dengan kondisi yang mereka kelola," paparnya.

 

 

Tarif jasa layanan parkir tepi jalan umum saat ini juga sudah dinaikan masing-masing Rp 1 ribu untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Tarif parkir kendaraan roda dua naik menjadi Rp 2 ribu dan roda empat Rp 3 ribu untuk satu kali parkir.