Sempat Diubah Firdaus, Muflihun Kembalikan Julukan Pekanbaru Kota Bertuah

MUflihun62.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Julukan Pekanbaru Kota Madani bakal berubah kembali ke julukan Pekanbaru Kota Bertuah. Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun menegaskan julukan tersebut bakal kembali di tahun 2023 ini.

 

Sebelumnya, julukan Pekanbaru Kota Bertuah diubah menjadi Pekanbaru Kota Madani pada masa kepemimpinan mantan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus yang menjabat selama dua periode.

 

Meskipun sempat banyak penolakan dari berbagai pihak, Firdaus kala itu tetap mengganti julukan Kota Pekanbaru yang sudah melekat puluhan tahun.

 

Muflihun mengaku sudah mendapat masukan dari tokoh masyarakat dan juga sesepuh terkait hal ini. Dirinya menerima masukan dan petuah untuk mengembalikan julukan Pekanbaru Kota Bertuah.

 

"Terkait hal ini saya memang sudah banyak mendapatkan masukan dari berbagai tokoh masyarakat, dan menurut saya itu juga bagus," ujar Muflihun, Kamis 5 Januari 2023.

 

Ia mengatakan bahwa julukan Pekanbaru Kota Bertuah punya arti dan sejarah. Menurutnya, bertuah sendiri punya arti bagus.

 


"Bertuah itu memiliki arti yang sangat bagus. Bertuah itu Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, Harmonis. Itu kan bagus, belum lagi kalau kita bicara soal bertuah, kita bisa dapat tuahnya. Makanya ini wajib kita pertimbangkan kembali," paparnya.

 

Untuk itu dirinya juga meminta agar tulisan Pekanbaru Kota Madani yang berada di Jalan Sudirman dekat gerbang bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru agar diubah dan diganti menjadi Pekanbaru Bertuah.

 

"Kita minta itu tulisan Pekanbaru Madani yang ada di dekat bandara agar diubah kembali menjadi Pekanbaru Bertuah," katanya.

 

Ia menegaskan untuk penggunaan madani dipersilahkan namun bukan untuk julukan. Misalnya untuk Smart City Madani. Namun untuk julukan, Pekanbaru harus kembali ke bertuah.

 

 

 

"Saya tegaskan arti bertuah itu sangat bagus. Ada makna Melayu di sana, bertuah itu ada tuahnya. Kita berharap kita punya tuah, jadi banyak yang bisa kita ambil makna dari bertuah, jadi saya harap itu bisa diubah," ungkapnya.