Pengendara Auto Menyesal Lewat Jalan di Pekanbaru Ini, Mirip Kubangan Kerbau

Jalan-Rusak9.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Para pengendara yang melintas di Jalan Dharma Bakti, Sigunggung mesti berhati-hati. Pasalnya, ada lubang dan genangan air yang memakan seluruh badan jalan.

Air warna cokelat keruh menggenangi ruas jalan rusak itu bak kubangan. Pengendara pun mesti mengantre agar bisa melintas dengan hati-hati. Belum lagi jalan tersebut ramai pengendara yang lalu lalang.

 

Lubang yang menganga di tengah jalan itu lebarnya berkisar enam meter. Kedalamannya berkisar 20 cm sehingga membuat pengendara  harus melintas dengan hati-hati.

 

Beberapa pengendara sepeda motor enggan melintasi ruas jalan rusak itu. Sedangkan sebagian lagi mencoba untuk melintas di pinggiran ruas jalan rusak tersebut.

 

Namun tidak sedikit pengendara tetap menerobos ruas jalan rusak tersebut. Kebanyakan kendaraan roda empat hingga truk tetap melintas di atas kubangan jalan rusak.

 

"Apeslah kalau lewat sini, apalagi saya baru cuci mobil, jadi kotor lagi. Kalau motor masih bisa lewat pinggir. Tolonglah ini diperbaiki," kata satu pengendara mobil, Yandi, Selasa 3 Januari 2023.

 

Kondisi ruas jalan rusak itu sangat memperihatinkan. Padahal ruas jalan itu setiap harinya dilintasi pengendara di sekitar Kelurahan Labuh Baru, Kecamatan Payung Sekaki.


 

Selain itu, ruas jalan tersebut juga menjadi akses masyarakat ke Jalan Soekarno-Hatta. Masyarakat pun berharap agar jalan tersebut segera diperbaiki.

 

Jalan tersebut juga berada di tengah pertokoan, ritel, maupun tempat usaha masyarakat. "Sudah lama sekali jalan ini rusak, perbaiki lah lagi," ujar salah satu warga tempatan.

 

Proses perbaikan terhadap ruas jalan itu ternyata belum dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru. Mereka baru berencana melakukan perbaikan ruas jalan rusak itu pada tahun ini.

 

Sekretaris Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah tidak menampik hal itu. Ia mengaku pihaknya belum melakukan perbaikan terhadap ruas jalan yang rusak parah tersebut.

 

"Kita sudah jadwalkan perbaikan tahun ini, secepatanya kita lakukan proses perbaikan," terangnya.

 

Pria disapa Edu menyebut bahwa ada rencana tim dari Dinas PUPR Kota Pekanbaru bakal memperbaiki ruas jalan rusak di Jalan Dharma Bakti secara bertahap.

 

 

 

Pihaknya bakal melakukan tambal sulam terhadap ruas jalan rusak. Mereka mengaku segera menambal ruas jalan itu agar lebih nyaman dilintasi pengguna jalan.

 

"Jadi nanti tambal sulam dulu, belum overlay. Nanti kita lihat bagaimana kondisi di lapangan," pungkasnya.