Gagal Curhat, Petani Bungaraya Kecewa Jokowi Batal ke Siak

Petani2.jpg
(Riau online/Hendra Dedafta)

RIAU ONLINE, SIAK-Presiden Republik Indonesia batal berkunjung ke Siak. Petani muda Bungaraya gagal sampaikan secara langsung keluhan para pertani.

Keinginan masyarakat dan juga petani Kecamatan Bungaraya bertemu dan menyampaikan aspirasi terkait pertanian secara langsung ke Presiden Joko Widodo sirna. Sebab, Jokowi dipastikan tidak jadi ke Bungaraya.

 

Petani Muda Bungaraya, Imuf (25) Kecewa, Presiden Jokowi tidak jadi datang ke Bungaraya, sebab dirinya ingin sekali menyampaikan keluhan terkait pertanian yang ada di kecamatan Bungaraya.

 

"Besar harapan kami bisa bertemu langsung dengan Presiden Jokowi, banyak sekali yang ingin kami sampaikan secara langsung terkait pertanian yang ada disini," ucap Imuf, Selasa 3 Januari 2023.

 

Terutama terkait Pupuk, harga pupuk terus melambung tinggi dan barangnya pun semakin langka, kemudian harga Pestisida dan obat-obatan untuk pertanian juga semakin mahal.

 

Sementara, harga hasil panen pertanian tidak stabil sering naik turun, terutama harga sayuran, di saat produksi sedang melimpah justru harga sering turun.


 

Di tambah lagi jalan disekitar sawah juga masih ada yang belum dibangun, ketika musim hujan petani kesulitan mengeluarkan hasil panennya.

 

Awalnya, selain meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang pada Rabu (4/1) besok, Jokowi diagendakan akan berkunjung ke Siak meninjau Pertanian dan melaunching Pompanisasi Program Peningkatan Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Kecamatan Bungaraya.

 

"Namun Pak Presiden batal ke Siak, launching P3TGAI di Kecamatan Bungaraya. Kayaknya akan digantikan Dirjen," kata ‎Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Aditya C Smara.

 

Aditya mengatakan, agenda Jokowi di Bungaraya dipastikan batal diketahui dari hasil rapat Pemprov Riau terkait kedatangan Presiden Jokowi.

 

Dari hasil rapat, Pak Jokowi batal ke Bungaraya. Tapi beliau akan singgah ke Balai Pelatihan Gajah Tahura Minas Kabupaten Siak usai dari Kota Dumai," ujar Aditya.

 

 

Menurut Aditya, padatnya jadwal selama kunjungan kerja di Riau menjadi penyebab Jokowi batal melaunching P3TGAI.

 

"Karena keterbatasan waktu. Sebab banyak kegiatan beliau selama di Riau. Mulai dari peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, ke Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai. Jadi sudah kesorean jika ke Bungaraya. Maka itu balik dari Dumai, beliau singgah ke Tahura Minas. Setelah itu langsung menuju bandara," ujarnya.