Pencalegan DPR RI PKS Rampung, Targetkan Perolehan Kursi 2 Kali Lipat

Bendahara-DPW-PKS-Riau-Markarius-Anwar.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses pencalegan DPR RI untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah selesai. Partai berbasis Islam itu punya target dua kali lipat dari Pemilu 2019 lalu.

"Hari ini PKS sudah merampungkan bakal calon sementara untuk DPR RI," kata Bendahara Umum DPW PKS Riau, Markarius Anwar, Senin, 2 Januari 2023.

Ketua Komisi III DPRD Riau itu mengaku, saat ini PKS sedang berproses untuk DPRD Provinsi dan kabupaten/kota, bahkan dalam minggu ini akan ada pleno di Dewan Perwakilan Pusat (DPP) PKS.

"Tapi kami di DPW sudah menyelesaikan PR kita, sudah kita Kirimkan semuanya," singkatnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat akan ada rapat kerja nasional (Rakernas). Kemungkinan, di dalam Rakernas itu akan pembahasan arah politik PKS ke depan.

"Informasi awal Januari ini, kita akan ada Rakernas di pusat. Masih menunggu surat undangan. Mudah-mudahan nanti di situ ada keputusan-keputusan politik, berkaitan dengan Pilpres kah, dengan Caleg kah, berkaitan dengan Pilkada," ujarnya.

Mengenai target, sebelumnya PKS Riau mendapatkan dua kursi di DPR RI. Sedangkan di DPRD Riau, PKS memperoleh tujuh kursi. Artinya, jika target tercapai, akan ada empat kursi di DPR RI dan 17 kursi di DPRD Riau.

"Kali dua. Namanya target. Ya syukur-syukur tetap. Itu udah syukur. Niatnya kali dua. Mohon doanya," tegas Markarius.

Sedangkan untuk dirinya, pada Pemilu 2024 mendatang dirinya akan maju sebagai calon legislatif DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Riau 1. Saat ini, Markarius menjabat sebagai Ketua Fraksi PKS DPRD Riau.

Dapil Riau 1 meliputi Kota Pekanbaru, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kota Dumai. Penunjukan Markarius berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) yang dibacakan oleh Sekretaris DPP PKS BPW Sumbagut Teguh Sahono beberapa waktu lalu.