3.063 Personel Gabungan Siaga Amankan Natal dan Tahun Baru di Riau

Kapolda-Riau-apel-gelar-operasi-lilin.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 3.063 personel dari TNI-Polri, BPBD, Damkar, dan stakeholder terkait disiagakan jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal, menyebut ribuan personel tersebut disiagakan dalam Operasi Lilin Lancang Kuning untuk pengamanan Natal dan Tahun baru.

"Alhamdulillah baru saja selesai kita laksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin dalam rangka mengamankan Natal 2022 dan malam pergantian tahun 2023. Kekuatan personel gabungan 3.063 personel," ujar Irjen Iqbal usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2022 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Kamis, 22 Desember 2022.

Iqbal mengatakan personel gabungan itu akan disiagakan di 56 pos yang terdiri dari 34 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan yang tersebar di Riau.

"Karena operasi ini semangatnya operasi kemanusiaan namun dengan catatan, kami tetap waspada. Karena tetap ada potensi kerawanan,” kata Iqbal.

"Baik kerawanan keamanan, kerawanan ketertiban, kerawanan keselamatan dan kelancaran lalu lintas, kerawanan kemacetan, dan kerawanan kecelakaan maupun kerawanan gangguan keamanan," terangnya.

Mantan Kadiv Humas Polri ini berharap antisipasi kejahatan konvensional, maupun strata tertinggi, seperti ancaman terorisme, dapat dilakukan dengan upaya baik preemtif, preventif, sampai penegakan hukum.

Iqbal menegaskan akan melakukan penertiban terhadap pengendara pengguna knalpot brong, aksi kebut-kebutan, dan geng motor.

"Nanti kita gelar semua barang bukti, kita akan musnahkan," paparnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar merayakan malam pergantian tahun dengan kegiatan positif.

"Seperti berkontemplasi di rumah, di lingkungan masing-masing, di tempat ibadah. Agar lebih baik ke depan. Jangan kebut-kebutan, jangan minum-minuman keras, jangan pakai narkoba. Kalau sempat, nanti berhadapan dengan aparat penegak hukum," pungkasnya.