Sedia Payung, Hujan Bakal Guyur Sebagian Riau Lagi di Awal Pekan

Hujan58.jpg
(Thinkstock/Sasiistock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mengawali awal pekan dengan beraktivitas di luar rumah sudah menjadi rutinitas masyarakat. Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau, Senin, 19 Desember 2022.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Yasir.

Dikatakan Yasir, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Disusul siang hari tak ada potensi hujan, cuaca cenderung cerah berawan. Sedangkan sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai," jelasnya.

Lanjut Yasir, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi dan juga Bengkalis pada sore, malam dan dini hari," pungkasnya.

Sementara, shu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 55–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut-Timur dengan kecepatan 10-40 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter.