Rakerda IKS PI Kera Sakti, Gubernur Riau: Tingkatkan Kualitas Para Atlet Berprestasi

Rekerda-keluarga-silat.jpg
(Foto: Sugianto)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka meningkatkan kinerja, Gubernur Riau, Syamsuar, membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI) Kera Sakti Pengurus Daerah Riau Tahun 2022.

Kegiatan ini merupakan rakerda tahunan pertama yang diselenggarakan oleh Pengda IKS PI Kera Sakti Provinsi Riau yang digelar di Gedung Balai Latihan Pertanian, Jalan Kaharudin Nasution, Kota Pekanbaru, Sabtu, 17 Desember 2022, malam.

Gubernur Riau, Syamsuar, dalam sambutannya mengatakan bahwa Rakerda Pengda IKS PI harus dilakukan. Menurutnya setiap organisasi harus melakukan diskusi bersama untuk membangun dan melaksanakan program kerja pengda agar organisasi terarah dan lebih baik lagi.

“Jadi, dengan diadakan rapat kerja daerah ini, pengda dapat menyusun manajemen membuat program-program kerja untuk meningkatkan hal-hal yang benar, seperti pelatihan dan pembinaan para atlit pesilatnya agar bisa berprestasi dan membawa nama baik daerah maupun perguruan,” harapnya.

Syamsuar mengatakan melalui rakerda manajemen bisa dibenahi dan mengevaluasi apa saja yang perlu diperhatikan. Selain itu, dapat merekrut atlet terbaiknya untuk diturunkan pada setiap pertandingan pencak silat pencak silat baik tingkat Kabupaten, daerah, provinsi, nasional maupun internasional.

“Saya berharap panitia ini bisa mempersiapkan dan merekrut atlet silat terbaiknya untuk mengikuti event Pekan Olahraga (Porwil) daerah dan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang tidak jauh lagi akan dilaksanakan,” terangnya.

Lebih lanjut Syamsuar mengatakan, tekad dan komitmen pengurus IKS PI Kera Sakti pusat dan provinsi sangat baik. Sehingga, menurutnya pencak silat ini harus bisa masuk ke kancah pertandingan pencak silat baik nasional maupun internasional.

“Tadi kami juga mendengar, tekad pejabat pusat dan provinsi bahwa pencak silat ini bisa masuk kancah Internasional. Kami tentu mendukung penuh, karena ini sudah menjadi harapan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Provinsi Riau,” ujarnya.

Syamsuar berharap para pendekar di Bumi Lancang Kuning, khususnya pendekar IKS PI Kera Sakti, bisa meraih prestasi di setiap generasi. Dia juga mengimbau manajemen untuk meningkatkan pembinaan dan pelatihan bagi para atlet harus dilakukan.

“Untuk menciptakan Atlet terbaik tentunya harus dilakukan pembinaan dan pengembangan atlet. Jadi semuanya baru bisa berjalan kalau sudah dilaksanakan dengan apa yang sudah kita persiapkan untuk para atlet yang meraih medali emas yang mengharumkan nama baik Provinsi Riau maupun organisasi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Harian IKS PI Kera Sakti Pengda Riau, Nurhadi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Riau dan para pengurus IPSI Riau serta para ketua perguruan yang hadir pada pertemuan Rakerda I IKS PI Kera Sakti Pengda Riau.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Gubernur Riau, Syamsuar. yang juga sebagai warga (Anggota) Kehormatan IKS PI Kera Sakti yang hadir pada malam ini, yang membimbing kami dan membantu kami dalam mensukseskan Rakerda I IKS PI Kera Sakti. Semoga apa yang diberikan kepada kampus kami dibalas oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala,” ujarnya.

Lebih lanjut Nurhadi menjelaskan bahwa, Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS.PI) Kera Sakti sangat menjaga silaturahmi. Oleh karena itu perguruan tinggi memiliki prinsip yang sangat identik yaitu dimana bumi dipijak disitulah langit dijunjung.

"jika melihat prinsip tersebut, berarti kita sebagai warga IKS Pi Kera Sakti harus mengikuti atau menghormati aturan adat-istiadat yang berlaku dimana tempat yang kita tinggali. Dan filosofi dari kuliah kita, di empat penjuru itu kita cari sanak saudara, tapi kalau ada musuh pantang tunduk kepala. Mari kita bersatu, berjuang menuju Kejayaan IKS PI Kera Sakti Provinsi Riau," pungkasnya.