Gubernur Riau Instruksikan BPBD Tangani Dampak Abrasi di Bengkalis

Syamsuar600.jpg
(TIKA AYU/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau untuk segera menangani bencana yang ditimbulkan akibat abrasi, di Kabupaten Bengkalis.

Syamsuar memerintahkan BPBD Riau untuk berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bengkalis agar bencana alam tersebut dapat segera diatasi.

"Dalam rangka mengalokasi bantuan, termasuk tadi juga Dinas PU khususnya Bengkalis untuk membuat surat kepada Kepala Balai Wilayah Sungai," ungkap Syamsuar, Selasa, 13 Desember 2022.

Menurut Syamsuar, Balai Wilayah Sungai turut andil dalam mengalokasikan anggaran untuk membantu mengatasi abrasi yang mengakibatkan keretakan dan longsor di lahan milik warga Bengkalis.

"Agar mereka mendahulukan pengamanan di situ dipindah ke lokasi lain kan. Sebabkan biasanya ada alokasi anggaran dari Badan wilayah Sungai untuk pengamanan laut yang abrasi," 


"Kita minta wilayah yang rusak ini didahulukan," tambahnya lagi. 

Salah satu wilayah terdampak abrasi di Kabupaten Bengkalis, yakni Desa Simpang Ayam, Kecamatan Bengkalis.

Selain abrasi, curah hujan tinggi di Kabupaten Bengkalis juga mengakibatkan lahan perkebunan warga setempat retak dan longsor.