Antisipasi Lonjakan, Disperindag Pekanbaru Awasi Harga di Pasar Tradisional

Bahan-Pokok5.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran Kota Pekanbaru mulai mengalami kenaikan. Kondisi ini terjadi jelang natal dan tahun baru 2023.

Tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru pun melakukan langkah antisipasi terhadap lonjakan harga bahan pangan.

"Jadi kami dari tim Disperindag, sudah melakukan langkah antisipasi lonjakan harga bahan pangan di pasaran jelang natal dan tahun baru," ujar Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Rabu 14 Desember 2022.

Menurutnya, langkah antisipasi yang dilakukan tim Disperindag dengan mengawasi harga setiap hari di sejumlah pasar tradisional. Ia menyebut dari hasil pengawasan tim di pasar tradisional pemerintah harga bahan pangan masih stabil.

Zulhelmi menambahkan bahwa tim juga melakukan pengawasan ke distributor bahan pangan. Mereka ingin memastikan tidak ada aktivitas penimbunan oleh oknum distributor.


"Kita melakukan pengawasan guna mencegah adanya penggunaan bahan-bahan yang melanggar aturan," jelasnya.

Dirinya menyebut pemerintah bakal menggelar operasi pasar murah bekerjasama dengan sejumlah pihak. Lokasi penyelenggaraannya bakal berlangsung di beberapa titik lokasi.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan daerah-daerah penghasil bahan pangan. Mereka melakukan koordinasi terkait perkembangan produksi dan harga di setiap sentra produksi.