Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Nataru, Pemprov Riau Gandeng Polda Riau

Syamsuar601.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah bahan pokok dan barang diperkirakan mengalami kenaikan harga jelang natal dan tahun. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berupaya agar harga bahan pokok tetap terjangkau bagi masyarakat.

Gubernur Riau, Syamsuar, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah menggelar rapat terkait harga bahan pokok dan barang di Balai Serindit, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Syamsuar mengingatkan pihak terkait agar memperoleh data yang akurat sesuai kondisi perekonomian masyarakat.

"Perkiraan ada kenaikan harga, ini butuh pengawasan lintas sektor agar kalaupun harga naik tapi tidak terlalu tinggi. Sebab jika terlalu tinggi memicu kenaikan angka inflasi," kata Syamsuar, Rabu, 14 Desember 2022.

Dari laporan masing-masing OPD, mulai dari Bank Indonesia (BI), Badan Pusat Statistik (BPS), Bulog, PLN, energi Migas, dan sebagainya, disebutkan bahwa kondisi perekonomian di Provinsi Riau masih cukup dan aman. 


"Kita antisipasi," tukasnya.

Untuk memantau kestabilan harga pokok dan barang, Pemprov Riau bekerja sama dengan Polda Riau sebagai pelaksana.

"Peninjauan kita terhadap gudang-gudang dan pasar-pasar di kota Pekanbaru, baik gudang yang disediakan oleh bulog ataupun gudang yang disediakan oleh para pelaku usaha. Tujuannya untuk mengecek kesediaan dan sekaligus mengecek harga di pasar," papar Syamsuar. 

Selain itu, Syamsuar mengimbau masyarakat Riau untuk tidak khawatir terkait kenaikan harga menjelang Nataru tahun ini. Syamsuar mengaku telah melakukan antisipasi kenaikan harga bahan pokok dan barang.

"Semua karena ini adalah untuk menjaga kesediaan pangan dapat tersedia di Riau," tuturnya.