Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Penumpang di Bandara SSK II Meningkat 28 Persen

EGM-SSK-II-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jumlah penumpang pada momen libur natal dan tahun baru 2023 di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diprediksi mengalami lonjakan hingga 28 persen. Satu hari jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari bandara ini berkisar enam ribu penumpang.

Mereka merupakan penumpang rute dalam dan luar negeri. Sedangkan jumlah penerbangan saat ini dalam sehari berkisar 50 hingga 56 penerbangan.

"Jadi untuk penumpang kita prediksi bakal meningkat pada momen natal dan tahun baru, apalagi rute penerbangan luar negeri sudah dibuka," jelas Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Mohammad Hendra Irawan, Jumat 9 Desember 2022. 

Menurutnya, penerbangan luar negeri menyumbang penumpang harian di Bandara SSK Pekanbaru. Ia menyebut setiap harinya ada dua penerbangan rutin ke luar negeri untuk rute Pekanbaru-Kuala Lumpur dan Pekanbaru-Malaka.


"Ada juga beberapa penerbangan luar negeri yang terbang dua hingga tiga kali seminggu," paparnya. 

Pihaknya bakal mengambil langkah antisipasi lonjakan penumpang pada momen libur natal dan tahun baru. Mereka sudah mempersiapkan rencana operasi secara internal dilaporkan ke Angkasa Pura dan Kementerian Perhubungan. 

Hendra mengaku masih menanti arahan terkait persiapan jelang natal dan tahun baru. Mereka juga menanti informasi terkini tentang syarat perjalanan bagi penumpang pesawat untuk rute dalam maupun luar negeri.

"Jadi kami menunggu arahan kementerian, biasanya sepuluh atau tujuh hari sebelum hari H nanti kita buka posko di bandara," ungkapnya.