Manjakan Pengendara Lewat Test Drive, Hyundai Stargazer Mobil Aman dan Nyaman

Hyundai-Stargazer.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-PT Hyundai Motors Indonesia memberi kesempatan Test Drive Hyundai Stargazer bagi sejumlah awak media di Kota Pekanbaru. Sebelumnya, kendaraan bertipe Multi Purpose Vehicle (MPV) ini telah launching di Riau pada pekan terakhir bulan Agustus 2022 lalu.

Saat memulai perjalanan, pengemudi tidak perlu repot-repot memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin mobil karena Hyundai Stargazer sudah dilengkapi remote start engine.

Mesin dari Hyundai Stargezer pun memberikan performa yang responsif. Terbukti pengemudi tidak memerlukan penginjakan pedal gas yang terlalu dalam, karena mobil memiliki Smartstream G1.5 MPI Inline 4 cylinder yang dapat menghasilkan tenaga hingga 115 ps/6,300 rpm dan torsi maksimal hingga 143.8 Nm/4,500rpm.

Keunggulan dan Keamanan

Pengemudi bakal dimanjakan dengan 4 mode berkendara. Mulai dari Eco, Comfort, Smart dan Sport. Masing-masing mode yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan mulai dari penggunaan bahan bakar lebih efisien dengan mode Eco hingga kebutuhan akselerasi dan performa yang lebih maksimal di mode Sport.

Fitur Connected Car Service andalan Hyundai Stargazer adalah Hyundai Bluelink. Hyundai Bluelink ini merupakan teknologi konektivitas yang menghubungkan kita dan mobil melalui smartphone.

Diilengkapi fitur keamanan unggulan dari Hyundai Bluelink yakni tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA). Selain itu, fitur unggulan lainnya dari Hyundai Bluelink ini pengemudi bisa mendeteksi lokasi parkir yang tepat melalui Find My Car.

Hill-Start Assist Control (HAC), membantu menahan mobil sekitar 5 detik ketika berada di posisi menanjak atau menurun, sehingga pengendara memiliki waktu memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Selain itu, fitur Auto Hold yang membolehkan pengemudi untuk melepas pedal rem saat berhenti di tanjakan. Sehingga tak perlu mengaplikasikan rem tangan.

Fitur lain dari Hyundai Stargazer adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).  Sistem ini secara otomatis memperingatkan potensi tabrakan, bahkan mengintervensi pengereman sehingga resiko tabrakan dapat dihindari. Lalu Fitur Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA) turut membantu pengemudi agar mobil tetap di lajur yang benar.


Desain

Saat melihat bagian depan mobil, tampilan terlihat memikat dan ekspresif. Lampu Horizontal DRL dijadikan sebagai penanda bahwa mobil ini diluncurkan pertama kali di Indonesia, sebagai sebuah negara yang terletak di garis Khatulistiwa.

Dari sisi belakang, Hyundai menyematkan Distinctive H Rear Lamp, desain lampu belakang berbentuk huruf H yang memungkinkan Stargazer mudah dikenali sebagai produk Hyundai meski tampak dari kejauhan.

Saat memasuki kabin, pengemudi dimanjakan dengan posisi headroom yang sangat lega di baris pertama, kedua, dan ketiga. Suasana interior terlihat mewah karena hadirnya Ambient Mood Light yang menghiasi interior

Saat mencoba baris pertama atau kursi pengemudi, terdapat Head Unit Audio berukuran 8 inci yang mendukung konektivitas smartphone. Selain itu, terdapat wireless charging yang dapat membantu mengisi daya smartphone peserta

Memasuki baris kedua terdapat captain seat. Menampilkan kabin yang lebih luas dan lega karena adanya ruang kosong di tengah kabin. Keberadaan captain seat ini menambah kenyamanan penumpang, terutama dengan adanya armrest yang memungkinkan penumpang untuk menyandarkan tangan serta konfigurasi kursi yang dapat diatur maju, mundur, tegak, atau bersandar lebih leluasa.

Pada baris kedua terdapat car charger di dekat bagian kaki yang membuat kegiatan mengisi daya lebih mudah tanpa perlu pindah posisi.

Baris ketiga dari mobil ini terbilang sangat nyaman karena memilki space yang luas.  Jarak lutut tidak beradu dengan bangku depan. Terdapat car charger yang membuat penumpang di baris ini tetap bisa charge smartphone tanpa harus repot pindah ke dasboard depan.

Harga dan warna

Stargazer memiliki empat varian yaitu Active, Trend, Style, dan Prime. Untuk Stargazer Active IVT divanderol Rp255.900,000, sedangkan Stargazer Active Mt dibanderol Rp243.300,000.

Untuk Varian Stargazer Tren IVT divanderol Rp275.900,000 disusul Stargazer Tren MT dibanderol Rp263,300,000. Perbedaannya, varian trend memilki velg 16 inch. 

Varian Stargazer Style memiliki velg yang sama dengan tambahan fitur Cruise Control. Varian ini dibanderol mulai dari Rp296,300,000.

Untuk varian Prime memilki seluruh fitur yang dimiliki mobil lain dengan tambahan beberapa fitur, salah satunya Lane Keeping Assist. Varian prime ini dibanderol Rp307,100,000.

 

 

Sementara, pilihan warnanya yakni Mangrove Brown Pearl, Midnight Black Pearl, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Dragon Red Pearl, dan Creamy White Pearl

Terdapat juga tiga pilihan warna untuk Two Tone Roof, yaitu Magnetic Silver Metallic With Black Roof, Creamy White Pearl With Black Roof, dan Dragon Red Pearl With Black Roof.