Keterbatasan Anggaran Bikin Peserta Luar Negeri Tour de Siak 2022 Dibatasi

Tour-de-Siak8.jpg
(Hendra Dedafta/Riau online)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tour de Siak 2022 merupakan sport tourism yang sudah eksis kancah internasional. Namun kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak membatasi jumlah peserta balap sepeda tahunan di Provinsi Riau tersebut.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza, mengatakan euphoria berdatangan dari para riders nasional maupun internasional ketika informasi Tour de Siak dibuka. Tapi, anggaran yang terbatas membuat jumlah peserta pebalap luar negeri turut dibatasi.

"Sebetulnya banyak riders yang mau ikut tapi karena kita batasi," ungkap Merza, Minggu, 4 Desember 2022.

 


Husni menyebut anggaran untuk mendatangkan atlet balap sepeda profesional terbatas. Sebab, ada sejumlah item yang menjadi tanggungan Pemkab Siak dalam Tour de Siak.

"Kalau mungkin open, mungkin banyak yang ikut. Cuma berkaitan dengan bagaimana komitmen budgetnya pemda, provinsi, makanya kita batasi," sebutnya.

Jalur Siak membuat para rider berkeinginan untuk mengikuti Tour de Siak, khususnya sprint riders.

"Dua keunikan (Siak de Tour), pertama, event sprint olahraga internasional setelah pandemi, kedua, Siak terkenal dengan ajang para sprinter rider's spesialis sprinter," terangnya.

Adapun atlet yang ikut mengayuh sepeda pada Tour de Siak tahun ini di antaranya berasal dari Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Australia.