Kaya Oksigen, Gili Iyang, Destinasi Wisata Hijau Indonesia

Gili-Iyang.jpg
(lingkarmadura.pikiran-rakyat.com)

Laporan: Indah Lestari

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gili Iyang merupakan sebuah pulau yang ada di Sumenep, Jawa Timur. Miliki kadar oksigen tertinggi di Indonesia.

Terletak di antara gugusan pulau-pulau, timur Pulau Madura, Gili Iyang merupakan tempat terbaik untuk merasakan kesegaran udara. Destinasi wisata hijau tanah air.

Melansir Mongabay Indonesia, penelitian dari Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan kadar oksigen yang mengisi wilayah pantai Gili Iyang mencapai 3,3 hingga 4,8 persen. Ada pada hitungan di atas normal. 

 


Meski pada 2006 lalu Lapan menyebutkan bahwa kadar oksigen Gili Iyang sebesar 20,9 persen, namun menurut penelitian terbaru dari Lapan secara tak langsung menunjukkan bahwa Gili Iyang mengalami peningkatan kadar oksigen.

Berada pada level explosive limit (LEL) 0,5 persen. Nilai kandungannya berada satu tingkat di bawah kadar oksigen Laut Mati, Yordania.

Hal ini berbanding sangat jauh dari daerah-daerah lainnya. Bahkan dikatakan oleh Lapan, pulau ini termasuk ke dalam daftar terbersih sekaligus terbaik di dunia.

Melalui sampel yang diuji Lapan dari 17 titik di Gili Iyang, bersihnya udara tersebut dikarenakan kandungan zat-zat pencemar udara yang minim. Zar berbahaya seperti karbon monoksida, nitrogen oksida, atau sulfur dioksida, sangat sedikit ditemukan.

Kini Pulau Gili Iyang yang dihuni sekitar 4.500 jiwa tersebut, berhasil menyedot perhatian dunia. Mengundang kedatangan banyak turis mancanegara.