Para Orang Tua Antusias Bawa Bayi dan Balita ke Gebyar Imunisasi Anak Nasional Riau

Gebyar-imunisasi-di-pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satu per satu orang tua datang membawa bayi dan balitanya ke halaman Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru. Mereka secara bergantian mendapat imunisasi dari petugas kesehatan di tenda layanan.

Layanan ini merupakan bagian dalam Gebyar Imunisasi Anak Nasional Riau 2022 di Kota Pekanbaru. Para orang tua pun antusias pada hari pertama pembukaan kegiatan, Rabu, 23 November 2022.

Imunisasi ini tersedia bagi anak usia nol hingga 15 tahun. Masyarakat bisa langsung membawa bayi atau balita yang belum mendapat imunisasi lengkap bagi bayi nol hingga 9 bulan.

"Target kegiatan imunisasi ini berjumlah seribu anak, dalam waktu kurang lebih empat hari ke depan," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Surya Delfira di sela kegiatan.

 

Menurutnya, anak-anak bisa mendapat imunisasi rutin. Ada juga imunisasi bayi berupa imunisasi polio tetes dan injeksi, imunisasi BCG, DPT serta imunisasi DT dan Td. 


Kemudian, ada imunisasi kejar bagi bayi yang belum imunisasi rutin. Bagi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun bisa mendapat imunisasi campak rubella.

"Kita mengimbau kepada seluruh orang tua, mohon agar segera membawa anak-anak, yang belum mendapat imunisasi rutin atau imunisasi dasar lengkap," ajaknya.

Delfi mengatakan, ada empat tim dari puskesmas melayani para ibu yang hendak memberi imunisasi untuk anaknya. Mereka siap melayani orangtua yang membawa bayi dan balita hingga akhir pekan nanti.

Kegiatan imunisasi rutin untuk bayi, balita dan anak sekolah ini dalam rangka Roadshow SoKlin Antisep Indonesia Sehat Berseri di Sumatera.

Riau menjadi daerah keempat dari 11 provinsi tujuan roadshow. Kegiatan ini rencananya berlangsung hingga Sabtu, 27 November 2022. Para orangtua pun bisa langsung datang ke lokasi membawa anak mereka.