Sosialisasi Tahapan Pemilu, KPU Pekanbaru Soroti Daftar Pemilih Tetap

Ilustrasi-KPU.jpg
(Nugroho Sejati/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru melakukan sosialisasi terkait beberapa tahapan Pemilu 2024 yang sudah dan akan berlangsung.

Ketua KPU Kota Pekanbaru, Anton Merciyanto, mengatakan masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjadi tantangan bagi penyelenggara pemilu itu. Lanjutnya, tahun ini ada beberapa tahapan pemilu yang dilaksanakan KPU kota Pekanbaru, yakni tahapan verifikasi faktual partai politik (Parpol) calon peserta pemilu. 

Kemudian, tahapan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih, yang katanya, sebenarnya sudah mulai Oktober 2022 lalu. Selanjutnya, ia menuturkan ada tahapan pencalonan anggota DPD RI yang akan digelar pada 6 Desember 2022 mendatang. Untuk DPR, DPRD provinsi dan kota akan dilaksanakan tahun 2023 mendatang. 

"Ada beberapa tantangan KPU Pekanbaru ke depan. Salah satunya masalah daftar pemilih tetap (DPT). Beban kerja yang meningkat. Ada pemilu serentak dan pemilihan kepala daerah serentak. Proses tahapan kepala daerah yang dimulai di awal tahun 2024. Tahun 2020 lalu dilakukan sirekab kinerja KPU akan lebih membantu. Termasuk juga logistik yang bertambah. Karena jumlah pemilih dan jumlah TPS bertambah menjadi 2.772 TPS," kata Anton, Rabu, 16 November 2022.


Ia menambahkan, pendaftaran parpol dimulai 14 Desember. Sedangkan dari penetapan kursi, untuk Pekanbaru akan bertambah jadi 50 kursi dari 45 kursi sebelumnya. 

"Ini sesuai peningkatan jumlah penduduk Pekanbaru yang saat ini sudah mencapai satu juta lebih," ujarnya.

Menurut Anton, tak menutup kemungkinan jika Pekanbaru akan memiliki Dapil 4 karena konsekuensi dari pemekaran wilayah. 

"Kami sangat berharap peran pers dalam menyukseskan pemilu serentak tahun 2024, lewat pemberitaan yang menggugah kesadaran masyarakat untuk proaktif dalam pendataan maupun sampai hari pencoblosan," tutupnya.