Kasus Covid-19 Masih Tinggi di Riau, Kadiskes: Warga Lengah, Minat Vaksinasi Rendah

Ilustrasi-Covid-19-2.jpg
(Ade Nasihudin/Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau masih belum bebas dari pandemi Covid-19, namun minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19, terutama booster masih tergolong rendah.  

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengungkapkan masyarakat lengah dengan Covid-19 terlihat dari minimnya kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi booster. 

"Sekarang orang lengah, orang menganggap bahwa pandemi ini sudah tidak seperti dulu lagi," ujar Zainal, Rabu, 16 November 2022.  


Zainal mengatakan, saat ini Provinsi Riau telah memiliki Mal Vaksinasi untuk memfasilitasi kebutuhan kesehatan masyarakat, terutama dalam mencegah risiko terpapar Covid-19.

"Tentu kita sudah menyediakan rumah vaksin atau Mal Vaksinasi, tujuh hari dalam seminggu tidak ada libur. Jadi memang kesadaran masyarakat ini yang masih rendah," sebutnya.

Seharusnya kata Zainal, keberadaan Mal Vaksinasi dapat mengejar pemenuhan target vaksin booster seperti vaksin pertama, setara 70 persen. Namun kondisinya, kata Zainal, booster di Riau diperkirakannya baru mencapai 30-40 persen saja. 

"Jadi kita inginnya bagi yang belum booster segera booster, jadi apa karena memang dari angka booster itu masih rendah," tukasnya.