Baznas Siak Salurkan Zakat Pola Konsumtif Tahap IV Rp 120 Juta untuk Mustahik

Penyaluran-zakat-baszas.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak kembali melanjutkan penyaluran zakat pola konsumtif tahap IV Tahun 2022, sebanyak Rp120 juta kepada Mustahik se-Kecamatan Lubuk Dalam, yang dilaksanakan di Masjid Miftahul Fallah, Kampung Empang Baru, Kecamatan Lubuk Dalam, Senin, 14 November 2022.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, Kyai Syukron Wahib, menyampaikan Baznas Kabupaten Siak melaksanakan hari pertama di dua tempat pendistribusian tahap ke-IV Tahun 2022, pertama di Kecamatan Koto Gasib kemudian di Kecamatan Lubuk Dalam.

"Ini menjadi tugas dan kewajiban kami membagikan atau menyalurkan zakat yang kami kumpulkan dari muzakki yang ada di Kabupaten Siak. Biasanya Penyaluran hanya sampai tahap III, namun pada tahun ini spesial sampai tahap IV," ucap Kyai Sukron.

Tambahnya, pada tahap IV ini penyaluran berjumlah Rp 1,1 miliar lebih. Untuk Kecamatan Lubuk Dalam kali ini jumlah yang disalurkan berjumlah Rp 120 juta yang dibagikan kepada 120 mustahik, masing-masing setiap mustahik mendapatkan Rp 1 juta.

Banyak program yang ada di Baznas Kabupaten Siak, diantaranya ada Z-Chicken, Rumah Layak Huni, jamban, listrik, beasiswa pendidikan satu keluarga satu sarjana dan masih banyak program lainnya yang bertujuan untuk kesejahteraan umat.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan itu menjelaskan karena kegiatan Baznas sudah terbukti, dan lembaga Baznas juga lembaga resmi yang dibentuk pemerintah, maka ia mengimbau masyarakat untuk membayarkan zakat melalui Baznas Kabupaten Siak. 


"Mudah-mudahan apa yang telah dizakatkan dapat bermanfaat dan dapat membantu bagi saudara kita yang membutuhkan," ungkapnya.

Kabag Kesra, Siak, Rozi Chandra, menyampaikan Baznas Kabupaten Siak merupakan mitra kerja pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, selain penyaluran zakat bersifat konsumtif, ada juga yang bersifat produktif. Misalnya program Z-Chicken, sudah ada percontohan di Kecamatan Mempura yang berhasil dengan pembinaan Baznas Siak, peternakan sapi yang saat ini sudah berjalan. 

“Selaku pemerintah daerah kami mensupport program dari Baznas Siak,” ujarnya.

“Mari percayakan zakat Bapak/Ibu ke Baznas Kabupaten Siak, semoga harta yang kita salurkan bermanfaat dan harta yang tersisa mendapatkan keberkahan,” sambungnya.

Salah seorang Mustahik, Rahmad Dani (50), dari Kampung Sialang Palas mengaku senang dan berterima kasih kepada Muzakki yang telah membayarkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Siak, 

“Insya Allah dapat tersalurkan dengan baik dan tepat Semoga dapat mensejahterakan umat,” ungkapnya.

Kegiatan Penyaluran ini dihadiri oleh Bupati Siak dalam hal ini diwakili oleh Kabag Kesra Rozi Chandra, didampingi Ketua Baznas Kabupaten Siak, Samparis Bin Tatan, bersama Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Syukron Wahib, Camat Lubuk Dalam, Muhammad Agung Apandi, dan juga Penghulu Empang baru Partono Ahmad Sani.