Kenalan dengan Si Busok, Kucing Ras Asli Indonesia yang Mendunia

Kucing-Busok.jpg
(Instagram via sewaktu.com)


RIAU ONLINE - Seekor kucing ras asli Indonesia menarik perhatian dunia. Hewan peliharaan yang menggemaskan itu adalah kucing busok, sejenis kucing dari Pulau Raas, Sumenep, Madura.

Kucing busok punya warna kelabu mirip British Shortair. World Cat Federation baru saja mengakui kucing busok sebagai kucing lokal asli Indonesia.

Yuk kenalan dengan si menggemaskan Kucing Busok

Kucing busok punya warna bulu solid abu-abu, hitam, kecoklatan, dan kebiruan. Penampilannya sangat menawan dengan mata hijau gelap dan tekstur wajah mirip bentuk segitiga.

Ekor kucing busok yang berukuran sedang menekuk yang membuat semakin anggun. Rata-rata kucing busok memiliki ukuran yang mencapai 60 cm dengan berat 6,8 kg, seperti dilansir dari Suara.com, Jumat, 11 November 2022.


Kucing busok dikenal dengan sifatnya yang pemarah dan sulit menuruti perintah. Terkadang, kucing busok bertingkah laku kurang ramah, seperti sering mencakar. Karenanya, kucing busok cenderung pendiam dan waspada terhadap sekitarnya. Bahkan, kucing busok sulit beradaptasi dengan manusia.

Di balik sifat pemarahnya, masyarakat setempat percaya bahwa kucing busok mampu membawa hal-hal baik dan mendatangkan rezeki yang melimpah. Namun, tidak sedikit yang percaya kucing busok akan membawa sial jika dibawa keluar Pulau Raas tanpa izin.

Di Pulau Raas, Sumenep, kucing busok begitu dijaga keasliannya. Kucing busok tidak dapat ditemukan di daerah lain dan hanya tinggal di Pulau Rass. Kucing busok yang hendak dibawa keluar pulau harus dikebiri atau disterilkan lebih dulu untuk menjaga kemurnian ras kucing tersebut.

Pada era 90-an, kucing busok pernah menjadi cenderamata untuk dihadiahkan kepada para tamu yang tengah berkunjung ke Pulau Raas. Di samping itu, kucing busok juga dipercaya masyarakat setempat memiliki kemampuan mistis dan bagi siapa saja yang membawanya keluar dari Pulau Raas akan mendatangkan kesialan.