1.631 Personel Polda Riau Disiagakan dalam Tour de Muara Takus Kampar

Kombes-Sunarto-di-RTH.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau menyiagakan 1.631 personel di empat titik pemberhentian (pitstop) pada event Tour de Muara Takus di Kabupaten Kampar, Sabtu, 12 November 2022, esok.

Empat titik pitstop tersebut di Kesultanan Kampar, Balai Bupati, di Gulamo tempat pergi lintas alam, dan terakhir di Candi Muara Takus. 

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, mengatakan empat titik pemberhentian tersebut disiapkan Polda Riau untuk mencegah terjadinya kemacetan selama Tour de Muara Takus berlangsung. 

"Untuk mencegah terjadinya kemacetan, kita sudah menyiapkan personel dan empat pitstop. Selain itu kita juga akan menggunakan sistem arus lalu lintas buka tutup," ujar Kombes Sunarto, Jumat, 11 November 2022.

Sunarto menjelaskan pengendara yang hendak menuju Sumatera Barat (Sumbar) atau Pekanbaru akan diarahkan melewati tol untuk menghindari kemacetan.


"Dalam hal ini, Polda Riau beserta jajaran berkomitmen menyiapkan pola pengamanan selama event dengan mempersiapkan perlengkapan dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder," terangnya.

Sedangkan untuk pengendara yang harus melintasi jalur Tour de Muara Takus, diminta untuk menunggu hingga peserta lomba balap sepeda itu melewati pitstop.

Sunarto menyebut akan ada personel polisi yang disiagakan di jalur Tour de Muara Takus untuk mencegah adanya warga yang menerobos dan mencegah kecelakaan.

"Kami tegaskan arus lalu lintas buka tutup ini hanya ada di empat titik pitstop, jadi bukan sepanjang Pekanbaru-Kampar atau sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengendara dalam berkendara," pungkasnya.