DPD REI Riau Beri Dukungan Pengembangan Jaringan Perumdam Tirta Siak

DPD-REI-Coffee-morning.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peningkatan pelayanan air bersih menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Saat ini pengembangan jaringan akses air bersih dilaksanakan oleh Perumda Tirta Siak.

Dalam memberikan akses air bersih bagi masyarakat, mereka didukung oleh semua pihak. Termasuk pengusaha perumahan yang tergabung dalam Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI).

Ketua DPD REI Riau, Anton GGA, dalam Coffee Morning yang dilaksanakan oleh Perumda Tirta Siak pada Selasa, 8 November 2022, di Grand Suka Hotel Pekanbaru, menyebutkan bahwa dukungan DPD REI Riau untuk pengembangan jaringan yang terus dilaksanakan oleh Perumda Tirta Siak.

"Untuk pengembangan jaringan kita dukung, kita sebagai pengusaha perumahan pun merasa jika air bersih yang disediakan oleh kami untuk pelanggan rumah sesuai dengan permenkes dan aksesnya juga tidak sulit, tentu ini kita dukung bersama secara penuh," ungkapnya.

General Manager Business Development, Muhammad Suhandi, dalam kesempatan tersebut juga menanggapi beberapa komentar terkait pengembangan jaringan pada wilayah Kecamatan Rumbai dan sekitarnya.

"Dengan proyek KPBU saat ini yang sedang kita usahakan selain dari SPAM Pekanbaru, ada juga SPAM Rumbai yang masih dalam tahap uji kelayakan. Peningkatan kapasitas di SPAM Rumbai yang nantinya akan dilakukan uprating 80 liter per detik dan penambahan reservoir dengan kapasitas 400 m kubik," jelasnya.


Perumdam Tirta Siak juga diharapkan oleh DPD REI Riau untuk bisa memberikan akses air bersih kepada masyarakat hingga daerah Palas yang disebutkan memiliki sumber atau akses air secara terbatas.

SPAM Rumbai yang saat ini masih dalam tahap Uji kelayakan yang ditargetkan akan memulai konstruksi pada tahun 2023. Mereka akan melayani pelanggan di area Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat, dan Rumbai Timur.

selain melakukan rehabilitasi pada Instalasi Produksi Air (IPA), SPAM Rumbai juga melakukan pembangunan IPA baru dengan kapasitas 170 liter per detik. Menggunakan teknologi nano filtrasi, yang juga akan meningkatkan kapasitas reservoir sebesar 2.500m kubik.

DPD REI Riau juga mengharapkan akses air bersih yang ada di Pekanbaru memberi akses kepada warga yang berada di area Kulim dan Tenayan, mengingat daerah-daerah tersebut mulai dilirik untuk pembangunan pemukiman.

Sementara untuk SPAM Kulim-Tenayan, saat ini dalam masa Pra Uji Kelayakan atau yang dikenal dengan Pra Feasibility Study.

"Saat ini untuk SPAM Kulim-Tenayan akan dibangun untuk produksi hingga 400 liter per detik. Konstruksi Kulim-Tenayan juga akan segera dimulai pada 2023," kata Suhandi menanggapi.

Demi memberikan pelayanan terbaik untuk peningkatan kualitas air bersih, tidak hanya SPAM Pekanbaru yang akan memberikan layanan kepada 6 kecamatan. SPAM Rumbai yang akan melayani 3 kecamatan, SPAM Regional Pekanbaru-Kampar yang akan melayani 5 kecamatan, dan SPAM Kulim-Tenayan yang akan melayani seluruh kelurahan yang ada di area tersebut.