Habib Salim Segaf Al Jufri Sandang Gelar Datuk Maulana Sukmajaya

Habib-Salim-Segaf-Al-Jufri-2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Umum Persatuan Ulama Muslim Internasional, Habib Salim Segaf Al Jufri, resmi menyandang gelar adat Datuk Maulana Sukmajaya dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak, Minggu, 6 November 2022.

Gelar adat Melayu Riau tersebut maknanya tokoh yang dihormati sebagai ulama panutan umat. Dalam keterangan resminya, Ketua Dewan Syura PKS itu mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi kepada LAMR Siak.

“Gelar adat ini punya konsekuensi dan tanggung jawab yang besar. Tapi kita yakin kebersamaan adalah kunci keberhasilan. Satu kehormatan yang luar biasa mendapat gelar adat dan berhubungan dengan warga Siak,” terang Salim.

Ia menyoroti khazanah dari Kerajaan Siak yang patut dipahami masyarakat saat ini. Di awal negara ini berdiri Kerajaan Siak Sri Indrapura menyatakan bergabung dengan Republik.



"Bahkan Sultan Syarif Kasim II yang memimpin Siak saat itu menyumbangkan 13 juta gulden atau senilai Rp 1,4 triliun untuk membantu negara dan diberikan langsung kepada Presiden Sukarno,” ungkapnya.

Hal itu, katanya, menunjukkan kebesaran hati dan kesediaan berkorban leluhur Kerajaan Siak Sri Indrapura bagi NKRI. Dia bilang, Sultan Syarif Kasim II dan Kerajaan Siak jasanya sangat besar bagi negara.

“Bisa jadi negara belum bisa membalas jasa-jasa Kerajaan Siak, tapi setidaknya izinkan kami mengucapkan terima kasih, jazakumullah khairan katsiran,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan Indonesia memiliki 17.000 pulau, 1.300 suku bangsa, dan 715 bahasa serta 6 Agama resmi.