Akses Koleksi Bacaan Puswil Soeman HS Makin Mudah, Tinggal Akses I-Riau Saja

Puswil-Soeman-HS2.jpg
(Tangkapan Layar)

 

Laporan Tika Ayu

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Perpustakaan Wilayah (Puswil) Soeman HS Provinsi Riau genjarkan Aplikasi I-Riau, yang merupakan fasilitasi akses koleksi digital yang dimiliki perpustakan Soeman HS di dalamnya. 

 

 Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipaan (Dispersip) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, bahwa perpustakaan digital ini dibuat bertujuan mempermudah masyarakat akses buku atau bacaan lainnya yaang dikoleksi oleh perpustakaan Soeman HS, dan kata Mimi I-Riau ini dapat digunalan melalui android dan browser.  

 

"Sebenarnya sudah dimulai dari tahun 2019, namun belum tersosialisasi maksimal dan jumlah koleksi masih sedikit dan baru bisa diunduh di Android," ungkapnya saat dihubungi, Senin, 7 Oktober 2022. 

 

 

Lanjut Mimi, seiring waktu pematangan I-Riau ini sejumlah koleksi di dalamnya semakin bertambah. Kini kata Mimi, untuk koleksi digital totalnya mencapai 3.305 koleksi. 


 

"Terdiri koleksi keagamaan, ilmu pengetahuan umum, pertanian, fiksi, hukum organisasi dan tata laksana, kedokteran dan teknologi," paparnya. 

 

Disebutkan Mimi, setelah disosialisasikaaan i-Riau ini diharapkan dapat mempermudah jangkauan masyarakat atas koleksi bacaan di Perpustakaan Soeman HS. 

 

"Tentu diharapkan minat baca semakin meningkat karena bisa diakses dimana saja," ujar Mimi. 

 

 

Terakhir kata Mimi, sebagai salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia, Perpustakaan Soeman HS sudah kembali twraakreditasi pasca terakhir di tahun 2015 lalu. 

 

"Alhamdullillah perpustakaaan Soeman HS sudah terakreditasi dua minggu lalu," pungkasnya