Baca Buku Puswil Soeman HS Makin Mudah, Cukup Akses I-Riau

Puswil-Soeman-HS.jpg
(dipersip.riau.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perpustakaan Wilayah (Puswil) Soeman HS Provinsi Riau gencarkan aplikasi I-Riau, yang merupakan fasilitasi akses koleksi digital yang dimiliki perpustakan Soeman HS.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan bahwa perpustakaan digital ini dibuat bertujuan mempermudah masyarakat mengakses buku atau bacaan lainnya yang dikoleksi perpustakaan Soeman HS. Menariknya, kata Mimi I-Riau dapat digunakan melalui android dan browser.

"Sebenarnya sudah dimulai dari tahun 2019, namun belum tersosialisasi maksimal dan jumlah koleksi masih sedikit dan baru bisa diunduh di android," ungkapnya saat dihubungi, Senin, 7 November 2022.



Lanjut Mimi, seiring waktu pematangan I-Riau ini sejumlah koleksi di dalamnya semakin bertambah. Kini sebut Mimi, koleksi digital Puswil Soeman HS totalnya mencapai 3.305.

"Terdiri koleksi keagamaan, ilmu pengetahuan umum, pertanian, fiksi, hukum organisasi dan tata laksana, kedokteran dan teknologi," paparnya.

Disebutkan Mimi, setelah disosialisasikan i-Riau diharapkan dapat mempermudah jangkauan masyarakat mengakses koleksi bacaan di Puswil Soeman HS.