Sampah Masih Berserakan di Pekanbaru Gegara Keterbatasan Armada

Muflihun51.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, mengaku masih banyak sampah berserakan di Kota Pekanbaru. Ia pun mengingatkan agar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru melaksanakan tugasnya dengan baik. 

"Tugas DLHK berat sekali, banyak sampah berserak di Pekanbaru, maka saya ingatkan DLHK jalankan tugas dengan baik," ujar Muflihun, Minggu, 6 November 2022.

Ia menyebut sesuai ekspos dari DLHK Kota Pekanbaru ternyata permasalahan angkutan sampah ada di armada. Ada dua operator yang mengangkut sampah di Pekanbaru yakni PT Godang Tua Jaya (GTJ) dan PT Samhana Indah (SHI).

"Saya sayangkan armadanya tidak cukup, tidak sesuai dengan luas wilayah dan jumlah rumah yang jadi titik lokasi pengangkutan sampah," ujarnya.


Mantan Sekretaris DPRD Provinsi Riau ini menyebut kedua operator harus punya cara untuk mengangkut sampah dari 360 ribu rumah di Kota Pekanbaru.

"Bagaimana 360 ribu diurus oleh 30 mobil, kan tidak masuk akal," paparnya.

Muflihun menyebut untuk ke depan DLHK Kota Pekanbaru harus mengkaji kontrak dengan tepat. Mereka harus punya armada yang sesuai mengangkut di semua titik tumpukan sampah. 

"Mereka harus tahu ruko dan rumah yang hendak diangkut sampainya, jangan sampai ada yang terlewat," ulasnya.

Dia juga mengingatkan agar DLHK Kota Pekanbaru harus konsolidasi dalam penanganan sampah. Mereka bisa melakukan inovasi agar pelayanan bisa lebih baik.