Meriahkan Bulan Bahasa, SD Muhammadiyah 3 Unggulan Asah Bakat dan Minat Siswa

Bulan-bahasa-di-sd-muhammadiyah.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, SD Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru melaksanakan kegiatan bulan bahasa dengan melakukan perlombaan dan pentas seni pada 28-29 Oktober 2022. 

Ketua panitia, Melya Desniar, mengatakan kegiatan bulan bahasa ini, SD Muhammadiyah 3 Unggulan mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan literasi. 

“Dalam hal ini, untuk memotivasi siswa, kami melaksanakan enam cabang lomba yang masing masing diikuti seluruh siswa berdasarkan tingkatannya. Adapun lomba ini untuk mencari dan menggali potensi minat serta bakat siswa.  Jenis perlombaan yang diadakan adalah menulis rapi, menulis tegak bersambung, surat cinta untuk orang tua, puisi, mendongeng, dan membuat cerita bergambar. Sempena bulan bahasa ini juga, seluruh guru lebih aktif dalam memotivasi siswa untuk melakukan literasi,” kata Melya Desniar.


Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 3 Unggulan, Imrawati Azwar, menyebutkan, pembiasaan yang berhubungan dengan literasi merupakan hal yang sering dilakukan ke anak didik. Namun, tentunya terus ditingkatkan dengan memotivasi siswa melalui hal hal yang kreatif. Pada kegiatan bulan bahasa, merupakan kesempatan untuk siswa dalam menunjukkan kreativitasnya. Baik itu melalui perlombaan ataupun melalui penampilan di pentas seni. Selain itu, kami juga memberikan kesempatan kepada orangtua untuk melihat penampilan putra dan putrinya pada pentas seni.

Kegiatan puncak bulan bahasa yang dilakukan di lapangan SD Muhammadiyah ini melibatkan seluruh civitas sekolah dan wali murid. 

“Putra saya dan teman temannya menampilkan drama Bilal Bin Rabah, sangat menarik sekali dan orang tua siswa yang lain menonton dengan antusias. Adanya penampilan dari siswa SD Muhammadiyah 3 Unggulan ini sangat  mendukung kegiatan bulan bahasa. Tentunya bisa menjadi agenda tahunan di SD Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru,” kata salah satu orangtua siswa, Wahyuni.