Hari Sumpah Pemuda, Syamsuar: Pemuda Riau Lahirkan Inovasi Bermanfaat

Syamsuar527.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 mengutarakan harapannya untuk generasi muda di Riau.

Syamsuar berharap generasi muda di Bumi Lancang Kuning mampu melahirkan inovasi-inovasi bermanfaat untuk pembangunan daerah.

"Mudah-mudahan kedepannya lebih banyak di Riau ini yang pemudanya bisa menunjukkan kemampuan dan kebolehannya tingkat nasional dan internasional," ujarnya saat ditemui di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Jumat, 28 Oktober 2022. 


Dengan bangga, Syamsuar memberi contoh melalui seorang pemuda asal Rokan Hilir (Rohil) bernama Hendra. Hendra, ungkap Syamsuar, telah melahirkan inovasi pemanfaatan limbah sawit, yakni lidi pelepah yang jarang diolah kembali. 

"Memanfaatkan limbah sawit bisa meningkatkan kesejahteraan termasuk juga orang-orang yang bekerja dengan dia dan dirinya sendiri," terang Syamsuar. 

Dalam sambutannya, mantan Bupati Siak itu turut mengungkap kekhawatirannya terhadap ancaman meningkatnya jumlah pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan deskriptif yang tidak menguntungkan bagi para generasi muda. 

”Dengan situasi ini maka perlu upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan," ujarnya.

Syamsuar mengingatkan para pemuda Riau untuk mampu menghadapi situasi tidak menguntungkan dengan menciptakan prestasi yang tinggi