Tiga Tahun Program Riau Hijau Provinsi Riau, FITRA Gelar Rembuk Gotong Royong

Triono-Hadi2.jpg
(Tika Ayu/Riauonline)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau adakan Rembuk Gotong Royong Membangun Riau Hijau setelah tiga tahun komitmen Pemerintah daerah (Pemda) Riau merefleksikan rancangan Pembangunan Riau Hijau, Kamis, 27 Oktober 2022. 

 

"Ya tentunya karena ini janjinya sejak tahun 2019 dan sekarang sudah masuk tahun ketiga untuk untuk implementasi Riau hijau, dan tahun lalu itu diterbitkan Pergub nomor 9 tahun 2021," ucap Ketua Fitra Riau Triono Hadi di Hotel Grand Central Pekanbaru. 

 

Lanjut Triono, tentu hal ini menjadi momen refleksi stakeholder pemerintah, masyarakat untuk bersinergi merefleksikan apa yang telah dilakukan, dan tentunya kata Triono merancang apa saja tugas dari stakeholder tersebut. 

 

"Itu tujuan utama dari diskusi ini. Harapannya tentu komitmen bukan hanya kebijakan saja tapi harus diimplementasikan secara riil untuk meningkatkan ekonomi peningkatan sosial dan penyelamatan lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup," 


 

Dalam kegiatan diskusi Rembuk Gotong Royong Riau Hijau tersebut, Triono juga menyingung keberadaan masyarakat adat yang termasuk pada Riau Hijau sendiri. Dituturkan Triono di dalam Masyarakat adat soal implementasinya tak lepas dari perhutanan sosial, kebijakan kebijakan energi terbarukan. 

 

"Seharusnya menjadi konsen minimalnya dan tentunya itu yang harusnya menjadi penekanan di pemda Riau dari Riau Hijau itu sendiri," paparnya. 

 

Gubernur Riau mengatakan dukungan terhadap inisiatif FITRA Riau terhadap Pemda Riau melakukan langkah konsolidasi dengan berbagai pihak dalam pelaksaan Riau Hijau. 

 

 

 

"Acara yang bertajuk Rembuk Gotong Royong membangun Riau Hijau ini merupakan gagasan untuk memperkuat kerjasama dan dukungan para stakeholder, menunjukkan gagasan yang dapat dipetakan secara sistematis sehingga dapat diimplementasikan secara nyata di tingkat apa dengan demikian komitmen pemerintah provinsi Riau dapat bang atuh mengaktualisasikan pembangunan berkelanjutan di bumi Riau," ungkap Syamsuar dalam sambutannya. 

 

Tak hanya itu, mewakili pemda Riau, program Riau Hijau ini diharapnya benar-benar dapat dirasakan manfaatnya terutama oleh masyarakat dan untuk meningkatkan mutu hidup di Provinsi Riau dari waktu ke waktu.