Polwan Pertama Akan Pimpin Satlantas Polresta Pekanbaru, Ini Profilnya

Kompol-Brigitta.jpg
(Dok. Satlantas)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Polresta Pekanbaru akan dipimpin Kasatlantas perempuan untuk pertama kalinya. Ialah Kompol Birgitta Atvina Wijayanti.  

Sosok Polwan inspiratif yang disayangi anggotanya dan dikenal banyak kalangan di masyarakat selama bertugas. 

Setelah menyelesaikan pendidikan di Pusdik Lantas Polri, Kompol Birgitta langsung ditugaskan sebagai Kasatlantas Polresta Pekanbaru oleh Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal. 

Kompol Birgitta akan menggantikan Kompol Angga Wahyu Prihantoro yang saat ini diberi tugas baru sebagai Wakapolres Siak. Hal itu sesuai dengan surat telegram Kapolda Riau Nomor: ST/1286/X/KEP/2022. 

"Ada sekitar 243 personel Polda Riau yang dimutasi. Salah satunya Kasatlantas Polresta Pekanbaru," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, Kamis, 27 September 2022.

Wanita kelahiran Jakarta 17 Maret 1985 itu sebelumnya menjabat sebagai PS Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau.  Namun kini, Kompol Birgita menjadi polwan pertama yang menjabat Kasat Lantas Polresta Pekanbaru. 

Wadirlantas Polda Riau, AKBP Donni Eka Syaputra, mengatakan Kompol Birgitta adalah polwan pertama yang menjabat Kasat Lantas di Polresta Pekanbaru.


“Iya benar (Kompol Birgitta dimutasi sebagai Kasatlantas Polresta Pekanbaru-red). Polwan pertama Kasat Lantas Polresta Pekanbaru,” papar Donni. 

Polwan jebolan Akademi Polisi (Akpol) 2009 Dharma Ksatria itu ternyata memiliki perjalanan karier yang cemerlang di satuan lalu lintas. 

Dia pernah mendapat jabatan strategis sebagai Kasat Lantas Polres Siak. Kemudian mendapat promosi sebagai Kasi SIM, hingga PS Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau. 

Selain terkenal di jajaran lalu lintas Polda Riau, Kompol Birgitta juga Polantas yang terkenal di kalangan masyarakat. Sebab dia selalu melakukan kegiatan sosialisasi hingga membagi-bagikan hadiah kepada masyarakat.

Seperti yang diungkapkan salah satu mahasiswi bernama Debora di Pekanbaru. Sosok Brigitta sangat membekas di ingatannya setelah dihadiahi sebuah helm saat kegiatan sosialisasi yang dilakukan Ditlantas Polda Riau di kampusnya.

“Iya saya pernah dikasih helm gratis sama bu Gitta di kampus. Orangnya mudah senyum juga,” ungkap Debora. 

Birgitta juga bukan orang sembarangan, perempuan yang memiliki hobi berolahraga ini ternyata istri dari seorang perwira menengah di Polda Riau.

Suaminya adalah Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Riau, Kompol Hotmartua Ambarita, yang ditakuti para penjahat narkotika. Sebab tidak sedikit sindikat narkotika yang sudah ditangkap oleh Ambarita.

Ibu dari dua orang anak itu dikenal sebagai pribadi yang baik dan ramah. Baik kepada sesama anggota Polri, masyarakat, dan juga kalangan wartawan.

“Komandan orang yang tidak membeda-bedakan kami anggotanya. Beliau orang yang ramah dan memiliki kepedulian yang tinggi. Dia juga dekat dengan dengan awak media. Saya selalu mengantar kalau komandan mau sarapan sama wartawan,” kata Bripda Andre ajudan Kompol Birgitta.