4 Periode di DPD RI, Intsiawati Ayus Ungkap Alasan Maju ke DPR Lewat NasDem

Senator-asal-Riau-Intsiawati-Ayus.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Senator asal Riau Intsiawati Ayus menyampaikan dirinya akan berpindah dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melalui Partai Nasional Demokrat (NasDem). 

Intsiawati mengatakan, banyak pelajaran selama 4 periode di DPD RI. Ia mengatakan, dirinya telah menjalankan dan menunaikan amanah dan aspirasi dengan baik. 

"Indikator IA tunai menjalankan amanahnya, suara saya tiap periode terus bertambah," katanya, Rabu, 26 Oktober 2022.

Perihal gabungnya dirinya ke NasDem, Intsiawati mengungkapkan pilihannya bisa objektif juga subjektif. Intinya, tambahnya, pertimbangan untuk bergabung ke Partai NasDem sudah cukup lama.

"Saya lihat NasDem platform dan perjuangannya sama dengan saya. Contoh konkritnya Menteri Siti Nurbaya dari NasDem, saya sejak periode pertama konsen dan komit untuk Riau bicara hutan dan lahan," jelas Intsiawati.


Ia juga mengungkapkan, alasan menyeberang ke DPR RI lantaran kebijakan DPD RI memiliki batas. Sementara, kebijakan di negeri ini merupakan kompromi politik dengan kekuatan kompromi partai politik (Parpol). 

"Mengapa saya harus pindah ke DPR bahwa seluruh kebijakan di negara ini adalah kompromi politik. Masalahnya untuk duduk menjadi agen kompromi itu, dilihat pula kapasitasnya. Kompromi tak berjalan tanpa kekuatan partai. Saya tak akan sampai selesai ke eksekusi," tuturnya.

Mengenai bagaimana strateginya untuk kontestasi Pemilu 2024 ke depan, ia mengatakan akan melakukan dengan kerja nyata tanpa politik uang dengan nilai yang sama.

"Saya tak akan melihat suara yang saya peroleh di DPD RI dengan DPR RI, karena tidak linier. Itu dibuktikan dengan kawan saya yang pindah jalur. DPD jadi DPR suara tertinggi cuma sampai 40 persen," tutupnya.