Ribuan Ulama-Tokoh Minangkabau Dukung Ganjar Nyapres: Cerminkan Falsafah Adat

Deklarasi-ganjar-presiden-di-Sumbar.jpg
(Dok. Istimewa via Kumparan)


RIAUONLINE - Ulama dan tokoh Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar), mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai capres di Pilpres 2024. Ganjar Pranowo disebut sebagai pemimpin yang mengimplementasikan nilai-nilai falsafah hidup masyarakat Minangkabau, 'Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah'.

Ganjar bahkan dianggap sebagai pemimpin moderat yang dikenal selalu mengedepankan peran ulama dalam setiap program yang digagasnya di Jawa Tengah.

Tokoh adat Minangkabau, Buya Zainal MS, mengatakan apa yang dilakukan Ganjar selama memimpin Jawa Tengah sejalan dengan falsafah tersebut.

Buya Zainal menjelaskan, menjadikan kepentingan dan kesejahteraan para ulama dan masyarakat adalah sebuah keutamaan dan sangat adil yang harus diprioritaskan pemimpin. Sikap ini pula yang menjadi fokus Ganjar di Jawa Tengah.

Hal ini mendasari ribuan kiai, buya, ustaz, ulama, dan tokoh Minangkabau di Sumbar bersatu padu mengonsolidasikan dukungan untuk Ganjar menjadi Presiden 2024.


"Beliau sangat memperhatikan ulama, meminta pendapat para ulama, bekerjasama dengan pemerintahan. Beliau mencari solusi-solusi dalam membangun bangsa. Kemudian kalau diperhatikan, Pak Ganjar itu merakyat sekali dan peduli nasib rakyat," jelas Buya Zainal usai deklarasi, dikutip dari Kumparan, Senin, 24 Oktober 2022.

Zainal yang juga menjabat Ketua Majelis Dakwah Islamiyah Sumbar ini menyebut, ulama dilibatkan dalam sejumlah program menekan angka kemiskinan di Jateng, salah satunya rumah tidak layak huni (RTLH) bagi masyarakat pra-sejahtara. Hingga kini, lebih dari sejuta rumah telah direnovasi. Sepanjang 2022, sebanyak 1.195 unit rumah warga ditarget masuk dalam program tersebut.

"Jadi, orang Sumatera Barat itu sangat merasakan kalau beliau menjadi presiden negara ini akan aman, budaya akan diperhatikan. Jadi terwujudlah 'Adat Busandi Sarak Sarak Busandi Kitabullah', bukan untuk sekedar lip service atau semboyan di tanah Minangkabau," tutup Buya Zainal.

Hal serupa juga diungkap oleh Ulama Karismatik Minangkabau, Tuanku Bagindo H. Mohammad Leter. Dia menegaskan, Ganjar layak menakhodai Indonesia, karena memiliki potensi dan karakter yang kuat untuk mempersatukan bangsa.

Buya Bagindo Leter menyebutkan, slogan 'Tuanku ya Rakyat, Jabatan Cuma Mandat' ini menjadi tolok ukur bahwa Ganjar pemimpin yang punya moralitas tinggi.

"Pak Ganjar adalah sosok yang diharapkan oleh bangsa dan punya potensi yang sangat layak menjadi RI 1. Beliau punya etika, punya ilmu pengetahuan, ramah tamah, santun, nah ini sangat perlu di negara kita saat ini," ucap Buya Bagindo Leter.