Jalan Darma Bakti Pekanbaru Berlubang, Warga Beri Tanda Seadanya

Jalan-berlubang-di-darma-bakti.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kondisi ruas Jalan Darma Bakti, Kota Pekanbaru, sangat memprihatinkan. Padahal ruas jalan itu menjadi satu akses menuju Jalan Siak 2 dari arah Jalan Soekarno-Hatta begitu juga sebaliknya.

Pantauan RIAUONLINE, banyak ruas jalan berlubang sehingga membahayakan pengendara bermotor. Selain berlubang, ruas jalan tersebut juga sudah tergenang air.

Masyarakat yang gerah dengan kondisi ini menandai jalan berlubang dengan alat seadanya. Mereka menandai ruas jalan berlubang agar para pengendara bisa lebih berhati-hati.

Sebuah ban mobil bekas dan penyangga diletakkan pada jalan berlubang. Sementara untuk proses perbaikan ruas jalan itu baru berlangsung pada tahun 2023 mendatang.


"Kalau kondisi saat ini, kita baru bisa lakukan perbaikan ruas jalan rusak di Jalan Darma Bakti pada tahun 2023 mendatang," jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Jumat 14 Oktober 2022.

Ia mengatakan, dinas tidak bisa melakukan perbaikan ruas jalan itu lantaran anggaran tidak ada lagi. Mereka mengaku bakal melakukan perbaikan ruas jalan rusak itu pada tahun depan.

Pada tahap awal pihaknya melakukan perbaikan terhadap parit sekitar jalan itu. Mereka sedang menjadwalkan perbaikan parit yang ada. Ia melakukan normalisasi terhadap parit agar bisa menjadi pertemuan air di anak Sungai Air Hitam.

Indra menyebut kerusakan ruas jalan itu akibat air sering menggenangi ruas jalan dan berlangsung lama. Pihaknya belum memastikan berapa persen ruas jalan yang mengalami kerusakan.

Ia menyebut kerusakan ruas Jalan Darma Bakti butuh proses overlay. "Kerusakannya mungkin sudah 40 persen, jadi harus di overlay supaya, bisa kita lakukan perbaikan," tukasnya.