Masyarakat di Pinggiran Sungai Sail Diminta Tetap Waspada Bannjir

Sungai-Sail4.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat yang berada di pinggiran aliran Sungai Sail, Kota Pekanbaru mesti tetap waspada. Saat ini kondisi cuaca dalam peralihan dari panas ke hujan.

 

BPBD Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat tetap waspada terutama yang bermukim di pinggiran sungai. Ada prediksi musim hujan bakal berlangsung hingga November 2022 mendatang.

 

"Harapan kami tetap waspada, lakukan langkah mitigasi terbatas, sekurangnya di rumah atau sekeliling lingkungan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra, Selasa 11 Oktober 2022.

 

Dirinya mengingatkan agar masyarakat bisa melakukan gotong royong di lingkungan masing-masing. Upaya ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mencegah meluapnya debit air di sepanjang aliran Sungai Sail.

 


Zarman berharap nantinya tidak ada pemukiman masyarakat yang tergenang banjir. Ia menyebut bahwa ada dua lokasi rawan banjir yang mesti diwaspadai.

 

Titik pemukiman yang rawan banjir itu yakni Perumahan Graha Fauzan Asri dan Perumahan Athaya. Kedua pemukiman itu sempat terendam banjir cukup tinggi pada awal pekan kemarin.

 

Dirinya mengklaim banjir di Kota Pekanbaru sudah mulai terkendali pasca banjir melanda sejumlah wilayah kota pada awal pekan kemarin. Ia bersyukur dalam beberapa hari ini cuaca cukup bersahabat.

 

 

 

Zarman menyebut, ada sepuluh lokasi rawan banjir di Kota Pekanbaru  sudah terkendali. Mereka juga berkoordinasi dengan dinas terkait dan BPBD Provinsi Riau untuk mendukung penanganan banjir di Kota Pekanbaru.

 

"Sehingga dengan bersama-sama, kita bisa menangani permasalahan banjir di Kota Pekanbaru ini," harapnya.