Kesulitan Dapat Vaksin Meningitis, Warga Hendak Umroh Disarankan ke Kantor KKP

Vaksin-meningitis.jpg
(SHUTTERSTOCK/SamaraHeisz5)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Warga yang hendak berangkat umroh saat ini kesulitan mendapat suntik vaksin meningitis. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru pun menyarankan masyarakat untuk mendatangi Kantor Kesehatan Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru.

"Kalau kita tidak melakukan pengadaan vaksin meningitis, kita hanya siapkan vaksin meningitis untuk para calon jemaah haji," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Jumat 7 Oktober 2022.

Menurutnya, dinas tetap berkoordinasi dengan KKP Pekanbaru yang mengontrol langsung vaksin meningitis. Vaksin meningitis ini juga dibarengi pemberian sertifikat vaksin kepada para calon jemaah umroh.

Dirinya menyebut bahwa vaksin meningitis sebenarnya sudah bisa diakses di rumah sakit. Namun belum semua rumah sakit bisa mengeluarkan sertifikatnya secara langsung.


Mereka hanya bisa memberikan layanan suntik vaksin meningitis. Apalagi hanya beberapa fasilitas kesehatan yang bisa memberikan layanan suntik dan sertifikat vaksin meningitis.

"Jadi hanya rumah sakit tertentu, yang ditunjuk KKP untuk memberikan layanan tersebut," paparnya.

Zaini menyebut bahwa layanan vaksin meningitis tidak diberikan di kepada rumah sakit swasta. Permintaan vaksin meningitis saat ini cukup banyak, masyarakat terpaksa harus antre lebih lama di KKP Pekanbaru.

"Masyarakat bisa datang ke KKP, tapi memang harus antre, jadi masyarakat memang harus menunggu ketika suntik vaksin meningitis di sana," pungkasnya.